jenis backlink

Jenis Backlink dan Fungsinya untuk Situs Web

Jenis Backlink! Menjadi salah satu komponen penting dalam Optimasi website pada sisi off pages. Tepatnya, langkah langkah yang diterapkan untuk meningkatkan power situs namun tidak dilakukan pada halaman.

Oke, Singkat Kan? Lalu Apa itu Backlink , apakah para praktisi SEO wajib membuatnya ? Perlu digaris bawah dulu nih, Pastikan Kalian tidak melakukan link Building ke Situs secara sembarangan dengan Alasan Optimasi. Karena kalau sampai salah, Duarrr.. situs anda tenggelam.

Ekstrim kan? Sebaiknya, Fokus helpful content sebelum memahami secara utuh link building yang benar.

Dalam mengelola konten di website bisnis, kalian perlu memerhatikan penggunaan backlink karena hal ini penting untuk optimasi SEO.

Apa itu backlink?

jenis backlink

Backlink , Simpel kok secara arti, yakni link pada satu situs yang mengarah ke website lain. Ini juga dikenal sebagai tautan inbound atau tautan eksternal. Biasanya, mesin pencari seperti Google melihat backlink untuk melihat kredibilitas situs web. Oleh karenanya, halaman dengan banyak backlink seringkali mendapat peringkat tinggi di Google.

Apalagi, jika link eksternal yang ditautkan dalam isi konten merupakan sumber dari website tepercaya. Jadi, pastikan pembuatan dan penerbitan konten pada website Anda sudah dilengkapi dengan backlink.

Artibute Backlink.

Tidak hanya unggas yang mempunyai beberapa variannya, dalam praktik membangun website yang lebih ramah terhadap search engine dan pengguna internet, juga perlu mengetahui adanya macam-macam Backlink. Uwoww kan??

Ada beberapa jenis tautan eksternal yang biasanya digunakan dalam membuat konten lebih kredibel di mata search engine.

Dalam hal ini “Backlink”, Apa saja?  Berikut daftarnya yang perlu Anda ketahui:

1. Do-follow Links

Jenis Backlink Do Follow

Salah satu jenis tautan eksternal yang biasa digunakan untuk membuat konten di website adalah do-follow links. Melansir laman SendPulse, jenis tautan ini tidak mengandung atribut apa pun.

Tautan do-follow berdampak pada peringkat situs web dan membantu untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi atau tepatnya mampu meningkatkan rangking di mesin pencarian Google.

Dibandingkan dengan jenis tautan lainnya, ini merupakan link yang paling berharga dan berpengaruh besar pada SEO. Sehingga dalam membangun situs yang punya daya saing di pencarian, pakar SEO selalu mengutamakan dofollow.

Jangan Buru-buru membangun link menuju situs kalian, karena praktik manipulasi link juga menjadi masalah tersendiri. Sampai disini mari kita garis bawahi ” Backlink Yang bagus adalah yang diberikan oleh pengguna lain secara natural dan Do Follow“.

2. No-follow Links

Backlink No Follow

Berikutnya atibut No Follow, merupakan link yang tidak memiliki banyak dampak baik kedalam refrensi search engine. Artinya, apabila website yang sendang kalian kelola mendapat tautan dari situs lain memakai artibut no-follow maka ini tidak punya nilai yang cukup baik.

Sama halnya saat kalian menulis artikel untuk web sendiri, menetapkan no-follow links untuk web lain, tautan eksternal no-follow juga tidak direkomendasikan.

Peran link keluar do-follow dari Website ke Situs lain adalah, memberikan informasi kepada pegguna > rujukan konten yang telah dibuat, Hal Ini juga menjadi penting untuk Search engine, Bot akan mengetahui bahwa artikel kalian telah dibuat sesuai karena mempunyai refrensi tepercaya.

Meski Atribut No Follow tidak terlalu berharga bagi Google, akan tetapi Anda tetap memerlukan ini pada website sebagai penyeimbang dari do-follow links. Hal ini karena konten yang mengandung do-follow links terlalu banyak bisa dianggap sebagai spam oleh Google dan website mungkin saja tidak dapat bersaing dalam search engine.

3. Sponsored or Paid Links

Sponsored or Paid Links

Backlink dari website lain ke Situs kalian juga terdapat jenis Sponsored Link dan paid link. Sama halnya dengan kalan yang bisa mengatur tautan eksternal dalam konten memakai sponsored or paid links.

Sesuai dengan namanya, tautan ini merupakan link sponsor produk atau layanan berbayar. Dengan begitu, Google bisa mengidentifikasi tautan promosi untuk dapat ditampilkan dalam halaman hasil pencarian.

4. UGC Links

Sedangkan jenis lainnya ada UGC links merupakan jenis tautan konten buatan pengguna. Dengan menambahkan konten yang relevan dan berkualitas tinggi, Anda dapat membangun tautan eksternal yang bernilai bagi SEO website Anda.

Jadi, dalam urusan backlink berkualitas sesuai dari pembahasan diatas artinya yang terbaik adalah dofollow. Gitu!

Note: Backlink adalah istilah dalam SEO yang mengacu pada link yang ada di website lain dan mengarah ke website Anda. Dari sudut mesin pencari, backlink adalah bukti bahwa situs/konten memiliki kualitas yang baik dan layak untuk dijadikan referensi bagi pengguna untuk mencari informasi. Tidak hanya itu, mesin pencari dapat menemukan website Anda karena telah dijelajahi melalui backlink.

Mengapa Jenis Backlink Sangat Penting untuk Website dan blog?

Pentingnya Backlink

Seperti sudah dibahas sebelumnya di atas, di atas bahwa backlink sangatlah berharga untuk upaya SEO karena keberadaanya mewakili “vote of confidence” dari satu situs ke situs lainnya.

Intinya, backlink ke website adalah sinyal ke search engine memberikan jaminan bahwa konten kalian memiliki kualitas yang bagus, dan juga relevan. Jika banyak situs yang menautkan link ke halaman yang sama, mesin telusur dapat menyimpulkan bahwa konten tersebut layak ditampilkan pada halaman pertama pada keyword yang berhubungan.

Jadi, mendapatkan backlink yang baik, maka dapat memberikan efek positif pada posisi peringkat suatu situs website dalam hal visibilitas pencarian.

Begini deh simplenya analogi sederhana..

Jika ada sepuluh siswa,  mereka akan di minati pendapat memilih salah satu dari 2 orang kandidat suatu pemilihan Kepala kelas. Dari Sepuluh orang itu, Kandidat X mendapat Vote 8 sementara kadidat Y mendapat Vote 2, maka Guru akan menentapkan X sebaga kepala kelas.

Pahami Agloritma Google Update

Komponen – Komponen Backlink

Memahami terkait Jenis backlink tidak hanya mengenal atribut nya saja, Namun kalian juga harus memahami secara lengkap terkait komponennya juga. Berikut adalah komponen – komponen yang ada di backlink, diantaranya adalah:

1. Tag Link

Tag link ini juga biasa disebut dengan tag anchor, yang mana umumnya dimulai dengan simbol atau huruf “<a”. Tag link ini adalah bagian pembuka pada tag backlink yang mana berfungsi untuk memberikan informasi pada sebuah mesin pencari. Selain itu, komponen yang satu ini juga berguna untuk pergi ke halaman lainnya.

“Contoh penulisan link aktif dalam penulisan html <a href=”https://domain-link-target.com”>Anchor Teks</a>

Sehingga dengan memakai tag link dan penulisan tautan yang benar, maka anchor teks yang disisipi link akan atkti. Contoh yang bukan Link aktif seperti https://eraweb.id, Url tersebut bukan link aktif yang akan menjadi baklink, Sementara link aktif itu seperti ini : https://eraweb.id , yang jika di klik akan menuju ke url tujuan.

2. Anchor Text

Komponen kedua adalah sebuah anchor yang akan tampak sebagai teks yang dapat diklik di halaman website. Anchor text ini memainkan peran penting dalam backlink, karena dapat memberikan petunjuk tentang isi halaman yang ditautkan.

Biasanya, teks jangkar yang dibuat oleh pengguna lain memakai judul atau kata kunci ke website kita sesuai dengan artikel maupun tujuan laman landingnya.

Misalnya, Era Web, Eraweb.id, keyword , Keyword 2 dan lain sebagainya.

Perbedaan dan Pentingnya HTTP dan HTTPS pada Website

Mana Jenis Backlink Berkualitas untuk Web?

Jenis Backlink berkualitas

Sekarang setelah mengetahui bahwa backlink menjadi salah satu dari banyak faktor yang memengaruhi reputasi situs web di SERP, dan penjelasan lengkap lainnya .. mari kita lihat jenis backlink yang berkualitas selain do follow sebagai syaratnya. Jenis-jenis backlink adalah sebagai berikut:

#1. Contextual Backlink

Apa itu kontekstual backlink? Jadi mari disederhanakan, .

Merupakan sebuah link dari situs lain yang menuju ke website kalian yang penempatan tautanya berada dalam artikel.

Untuk membangunya, kalian dapat menulis artikel dan menyisipkan berbagai link dalam tulisan dan dipubliaksikan situs lain sebagai penulis tamu. Jenis backlink ini cukup ampuh untuk membuat backlink di sebuah website.

Sedangkan media besar  atau platfom yang menyediakan penggunalain bisa mempublikasikan artikel misalnya Kompasiana, Blogspot, WordPress, Kaskus, dan lain sebagainya.

Kontekstual link ini juga kerap didapat dari web atau blog lain secara sukarela, biasanya karena artikel yang sudah kalian buat memiliki kualitas yang baik dan menjadi refrensi mereka atau rujukan.

#2. Blog Comment Backlink

Backlink jenis ini biasanya dibangun dengan cara memanfaatkan fitur kolom komentar dari blog atau website orang lain untuk menyertakan link ke website, namun tidak sembarang blog atau website bisa menjadi sarana “mempromosikan” backlink tersebut.

Website yang menjadi target backlink harus memiliki tema yang relevan blog kalian, juga semakin sedikit orang yang berkomentar. Disini kalian perlu berkunjung, memberikan komentar postitif dan relevan.

Tapi!!

Link Building dengan melakukan kunjungan ke situs lain dan meninggalkan komentar yang di isi backlink merupakan strategi yang sudah di tinggalkan. Pasalnya, ini masih menjadi hal yang efektifitasnya di pertanyakan setelah google melakukan berbagai update algoritmaya.

Berbeda di era blogger tahun 2009an yang masih powerfull , bagi mereka yang sudah main internet cukup lama pasti kenal sama kata kata ini “Kunbal” , apalagi “BW Cendol”.

Senyum.. senyum, ..  fix anda pemain lama dalam Optimasi SEO website.

Target Jenis Backlink untuk SEO

Tidak sembarangan punya backlink banyak, jika itu dari web yang anu-anu, pasti bakal merusak rank keyword dan visibilitas situs. Biasnya, webmaster menimbang beberapa jenis backlink dalam strategi SEO, di antaranya:

#Backlink Berkualitas Tinggi

Backlink dari situs-situs otoritatif dan terpercaya memiliki dampak yang besar pada peringkat SEO Anda. Mesin pencari menganggap backlink dari sumber terkemuka sebagai suara dukungan yang kuat untuk konten Anda.

#Backlink Kontekstual Dan Dofollow

Tautan yang relevan dengan konten di halaman yang ditautkan dapat memberikan nilai tambah. Mesin pencari cenderung memberikan peringkat lebih tinggi pada tautan yang memiliki konteks yang sama dengan halaman tujuan.

Selebihnya, memainkan achor teks yang tepat sesuai dengan target kata kunci dan brand situs.

Manfaat Backlink dalam SEO

Mari simpulkan mengapa harus mempelajari dan memahami banyak hal terkait dengan pembuatan dan memahami jenis dari link buliding.

Ini tidak lain dan tidak bukan karena Manfaatnya..

Dofollow backlink memungkinkan link juice atau nilai SEO mengalir dari situs asal ke website tujuan. Sementara nofollow backlink tidak mengirimkan link juice. Keduanya penting dalam profil backlink yang seimbang.

Terdapat beberapa manfaat penting dari penggunaan backlink dalam strategi SEO, di antaranya:

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Backlink berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat Blog atau website dalam hasil pencarian google. Mesin pencari melihat tautan eksternal sebagai indikator kualitas konten yang disajikan oleh web kalian.

2. Trafik Referral

Selain itu, Backlink juga dapat membawa trafik langsung ke web tujuan dari sumber asal tautan. Pengguna yang mengklik tautan tersebut memiliki potensi untuk menjadi pembaca setia.

3. Peningkatan Otoritas

Backlink dari situs-situs otoritatif dapat membantu membangun otoritas dan kepercayaan bagi situs Anda di mata mesin pencari dan pengguna.

4. Efek Jangka Panjang

Backlink yang dibangun secara baik dapat memberikan manfaat jangka panjang dalam hal peringkat SEO dan visibilitas online.

Kesimpulan

Pentingnya backlink dalam strategi SEO tidak dapat diabaikan. Jenis-jenis backlink yang berkualitas dapat membantu meningkatkan peringkat situs Anda, membawa trafik, dan membangun otoritas. Dengan memahami konsep dan manfaat backlink, Anda dapat merancang strategi SEO yang lebih efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kualitas situs Anda di dunia online.

Scroll to Top