Algoritma Google

Pahami Agloritma Google Update

Algoritma Google Update Terbaru , Ini menjadi hal paling mendebarkan bagi mereka yang sedang mengelola website atau blog. Kemungkinannya ada 3, Trafik naik, Trafik turun, atau tidak megalami banyak perubahan. Nah, ini sangat perlu diperhatikan karena ini dapat menjadi acuan anda untuk memperbaiki atau terus melakukan pola SEO yang sudah benar.

Dalam pembuatan website, penting sekali menerapakan praktik SEO Agar mudah dikenali oleh mesin serta bisa bersaing di serp dianggap ramah oleh mesin telusur.

Algoritma Google adalah rangkaian sistem kompleks yang mengumpulkan data untuk mengurutkan hasil pencarian. Dari awal kepopulerannya pada tahun 2000-an, cara kerja search engine ini selalu menjadi teka-teki yang menarik. Kenapa? Karena siapa pun yang mengerti cara kerjanya berpeluang besar untuk muncul di peringkat teratas dalam halaman hasil pencarian Google atau SERP (Search Engine Results Page).

.. Di Sinilah Menarikanya dalam mempelajari SEO.

Semakin berlalu waktu, Google semakin memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Data dari tahun 2022 menunjukkan bahwa Google memproses 99.000 pencarian setiap detik, setara dengan lebih dari 8,5 miliar pencarian per hari. Dengan market share lebih dari 92 persen, Google telah menjadi search engine terdepan di dunia.

5 Update Algoritma Google Terbaru

Algoritma Google

Apa yang pelu dilakukan ketika  Algoritma Google Update?

Tidak perlu takut, untuk anda yang selalu mematuhi aturan kemauan dari algoritma. Nah untuk anda yang sedang mengelola website namun mengalami penuruan rangking, mungkin ada beberapa hal yang harus diperbaiki.

Jujur, Sejak 2014 hingga saat ini artikel ditulis, terbilang banyak sekali perubahan yang terajdi terkait keinginnan google. Dahulu kala, Spam keyword memakai meta keyword mungkin berhasil merangking, tapi cobalah saat ini… Mungkin justru artikel anda tidak mampu bersaing di serp.

Nah, apa saja sih yang terbaru dari Algoritma Google/

1. Prioritaskan Helpful Content

Helpfull Konten Algoritma

Pastikan terus membuat konten yang bermanfaat untuk pengunjung, bukan untuk mesin pencarian ya.

Masih berfikir bahwa elemen teknis seperti backlink menjadi kunci utama untuk naik peringkat di Google? Memang, elemen tersebut masih relevan di tahun 2023, tapi pengelola website tidak boleh terlalu terpaku pada hal itu. Saat ini, peringkat di Google lebih ditentukan oleh seberapa bermanfaat konten bagi para pembaca.

Helpful content adalah istilah yang perlu kita perhatikan. Ini merujuk pada konten-konten yang benar-benar memberikan solusi atas masalah atau pertanyaan pengguna Google.

Jadi, Ketika ada orang yang mencari jawaban lewat Google, apakah artikel kalian mampu memberikan jawaban atau solusi yang mereka butuhkan?

Untuk menciptakan helpful content, riset adalah langkah awal yang krusial. Melakukan keyword research akan membantu menemukan kata kunci yang sering dicari oleh pengguna Google.

Dari situ, mulai bisa mengembangkan konten yang sesuai dalam bentuk artikel, infografis, video, dan lainnya. Pastikan isi konten benar-benar relevan dan dibutuhkan oleh audiens target agar Algoritma Google dapat menampilkan konten Anda kepada pengguna.

2. Product Reviews System

produk Review Konten

Hasil survei Brand Rated menunjukkan bahwa 9 dari 10 konsumen membaca ulasan atau testimoni sebelum membeli suatu produk. Google menyadari kecenderungan ini, sehingga product reviews system menjadi hal yang kian diperhatikan.

Jika kalian memiliki bisnis atau toko online, memasukkan sistem ulasan produk yang baik dapat memberikan dampak positif pada peringkat website Anda di Google.

Ulasan yang positif dari konsumen akan meningkatkan kepercayaan dan reputasi toko kalian di mata calon pembeli.

3. Mobile-Friendly Experience

Mobile Friendly

Kemajuan teknologi telah mengubah cara orang menggunakan internet. Saat ini, lebih banyak orang mengakses internet melalui perangkat seluler dibandingkan dengan perangkat komputer atau laptop. Oleh karena itu, pengalaman penggunaan website yang responsif di perangkat mobile sangat penting.

Algoritma Google terbaru semakin mengutamakan website yang ramah mobile (mobile-friendly). Jika website Anda belum dioptimalkan untuk tampilan di ponsel atau tablet, maka perlu untuk segera melakukan perbaikan agar tidak kehilangan pengunjung yang datang dari perangkat seluler.

4. Semakin Pentingnya EAT

EAT adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness Dan Kini Update Menjadi EEAT. Algoritma Google semakin memperhatikan faktor-faktor ini dalam menentukan peringkat sebuah website. Jadi, penting bagi kalian untuk menghadirkan konten yang menunjukkan keahlian, otoritas, dan kepercayaan.

Untuk meningkatkan EAT, Anda bisa mempertimbangkan untuk menampilkan informasi tentang penulis atau tim di balik konten yang dibagikan.

Jika mencantumkan referensi, pastikan sumbernya kredibel dan dapat dipercaya. Semakin banyak website atau publikasi yang mengutip atau menyebutkan konten kalian, semakin tinggi kepercayaan yang dibangun di mata Google.

5. Video Content Meroket

Video content menjadi semakin populer dan dicari oleh pengguna internet. Berbagai platform video seperti YouTube terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Algoritma Google pun semakin memprioritaskan video content yang berkualitas tinggi.

Jika Anda ingin meningkatkan peringkat di Google, pertimbangkan untuk menghadirkan konten video yang menarik dan relevan sesuai target audiens kalian. Video yang informatif, menghibur, dan memberikan nilai tambah akan mendapat perhatian lebih dari Algoritma Google dan pengguna internet.

Kesimpulan

Pahami Algoritma Google update Terbaru dengan baik untuk meningkatkan peringkat website di hasil pencarian. Prioritaskan konten yang bermanfaat, perhatikan ulasan produk, pastikan website amah mobile, tingkatkan EAT, dan manfaatkan potensi video content. Dengan strategi yang tepat, maka kalian bisa meraih posisi yang lebih baik di halaman pencarian Google dan meningkatkan jumlah pengunjung website atau blog kalian.


Panduan SEO Lanjut Ke Cara Google Merangking Keyword


 

Scroll to Top