eeat

E-E-A-T: Kunci Kualitas dan Kredibilitas Konten di Dunia SEO

Jika kalian terlibat dalam dunia SEO, pasti telah mendengar tentang E-A-T. Ini adalah singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. E-A-T merupakan konsep penting yang digunakan oleh mesin pencari, terutama Google, untuk menilai kualitas dan kredibilitas konten di internet.

Mau Rangking Satu di halaman Pencarian? Pastinya harus EAT.

Di artikel ini, kita akan membahas tentang E-A-T dan mengapa hal ini sangat penting dalam dunia SEO.

1. Expertise (Keahlian)

Aspek pertama dari E-A-T adalah keahlian.

Mesin pencari, seperti Google, memberikan nilai tinggi pada konten yang ditulis oleh para ahli di bidangnya. Jika konten ditulis oleh seseorang yang memiliki keahlian dan pengalaman di topik tertentu, maka itu dianggap lebih berharga dan relevan.

Oleh karena itu, pastikan artikel ditulis oleh orang yang benar-benar menguasai topik yang sedang dibahas.

2. Authoritativeness (Otoritatif)

Otoritas adalah tentang kredibilitas dan reputasi penulis atau situs web. Konten dari sumber yang dianggap otoritatif lebih dipercaya oleh mesin pencari.

Rangkin faktor kedua adalah Authoritativeness yang mempengaruhi otoritas meliputi reputasi penulis, jumlah backlink berkualitas yang mengarah ke situs, dan interaksi positif dengan pengguna.

Jadi, pastikan untuk membangun otoritas situs web melalui terus menyediakan konten berkualitas dan relevan yang akan disuguhkan ke pengguna, bukan ke mesin pencarian.

3. Trustworthiness (Kepercayaan)

Kepercayaan adalah tentang sejauh mana konten dianggap dapat dipercaya dan aman bagi pengguna. Jika konten mengandung informasi yang salah atau menyesatkan, maka itu akan merusak kepercayaan website kalian di mata mesin pencari dan pengguna.

Sehingga Pastikan konten ditulis dan dibuat akurat, transparan, dan didukung oleh sumber yang kredibel. Selain itu, pertimbangkan untuk menyediakan kebijakan privasi dan keamanan untuk meningkatkan kepercayaan pengguna.

Mengapa E-A-T Penting dalam SEO?

E-A-T sangat penting dalam SEO karena Google dan mesin pencari lainnya ingin memberikan hasil pencarian yang berkualitas dan andal bagi pengguna.

Dengan mempertimbangkan E-A-T, mesin pencari dapat memastikan bahwa konten yang muncul dalam hasil pencarian adalah konten yang berbobot, relevan, dan dapat dipercaya.

Bagaimana Meningkatkan E-A-T?

Untuk meningkatkan E-A-T situs website, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil:

  • Pastikan konten diditulis oleh ahli di bidangnya dan dukung dengan sumber yang kredibel.
  • Bangun otoritas webite dengan menghasilkan konten berkualitas dan mendapatkan backlink dari situs web otoritatif.
  • Berikan informasi yang akurat dan transparan kepada pengguna, serta hindari konten yang menyesatkan atau salah.

Topik YMYL dan E-A-T

E-A-T menjadi sangat penting ketika topik konten merupakan sesuatu yang subjektif. Namun, jika Anda mencari informasi mengenai penggunaan dosis obat, tips finansial, atau topik penting lainnya, maka E-A-T menjadi sangat penting.

Topik seperti itu disebut sebagai topik YMYL (Your Money or Your Life) oleh Google. Secara garis besar, topik YMYL merupakan topik atau halaman yang dapat memengaruhi kebahagiaan, kesehatan, stabilitas finansial, atau keamanan seseorang ke depannya. Jika kalian membuat website yang menyinggung topik seputar YMYL, maka mengoptimalkan Google E-A-T menjadi sebuah keharusan.

Tag Heading SEO #Penerapan yang Benar Pada Website

E-A-T Update Menjadi E-E-A-T

eeat

Sesuai dengan Update Google terkait EAT Menjadi E-E-A-T. Jika Hanya tuntutan SEO artikel yang EAT, maka hanya mengacu pada expertise, authoritativeness, dan trustworthiness, sebaiknya artikel di buat oleh sesuai keahlian, Memiliki otoritas dibidangnya, dan Terpercaya.

Kemudian, Google menginginkan hal yang lebih dari Itu, Yakni menjad penambahan E pada bagian depan menjadi EEAT. Yang artinya menjadi experience, expertise, authoritativeness and trustworthiness.  Jadi  pengalaman, keahlian, otoritas, dan kepercayaan.

Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas tambahan untuk hasil pencarian. Jadi, ketika menulis sebuah artikel , google akan mempertimbangkkan apakah dibuat oleh tingkat pengalaman tertentu. Misalnya , benar benar datang ke suatu lokasi, memakai dan mencoba produk secara nyata sesuai pengalaman.

Cara Menulis Deskripsi yang SEO Friendly untuk Website

Kesimpulan

E-A-T adalah konsep kunci dalam dunia SEO yang digunakan oleh mesin pencari untuk menilai kualitas dan kredibilitas konten di internet.

Dengan memperhatikan E-E-A-T dan menghasilkan Artikel berkualitas, otoritatif, dan dapat dipercaya,dan sesuai pengalaman, hal ini dapat meningkatkan peringkat website dan memberikan nilai tambah bagi pengguna. Jadi, pastikan untuk selalu mengutamakan E-A-T dalam strategi SEO Anda

Scroll to Top