Fitur Google search console

Google Search Console yang wajib diketahui oleh pemilik website

Jika kalian memiliki website, secara umum batasnya adala tidak hanya bisa diakses saja. Yakni setelah pembuatan web, pengelola situs wajib menjadikan situs tersbut mamppu ditemukan oleh mesin telusur google.

Bahasa kerennya! DI index. Untuk itu, penting mengenal adanya berbagai platform google yang berfungsi mengatur pemilik situs mendaftarkan webnya agar bisa terindex.

Google Search Console adalah salah satu tools seo dari google, alat yang tak tergantikan untuk memantau, memelihara, dan meningkatkan kehadiran situs kalian di hasil penelusuran Google.

Banyak sekali fitur dan fungsinya, yang terntu saja harus kalian pahami supaya bisa mengoptimalkan situs mencapai hasil terbaik.

Apa itu Google Search Console?

Google search console

Google Search Console adalah layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk membantu pemilik situs memahami bagaimana Google melihat dan memproses konten situs mereka.

Dulu dikenal sebagai google webmaster tools, namun seiring dengan perubahan kini google menggantinya dengan Google search console.

Pemilik situs web memantau dan mengelola kinerja situs mereka di hasil penelusuran Google. Sehingga webmaster bisa meminta Google mengindeks menganalisa konten situs, serta memperbaiki masalah yang mungkin muncul dalam proses tersebut.

Dengan tools gratis ini memungkinkan kalian bisa memastikan bahwa situs bisa ditemukan dan muncul dengan benar di hasil penelusuran, sehingga memaksimalkan visibilitas dan kinerja online kalian.

Mengapa Anda Perlu Menggunakan Search Console?

Meskipun situs  akan terindeks tanpa mendaftar di Search Console, penggunaannya penting untuk memastikan bahwa Google dapat menemukan dan memetakan situs dengan benar.

Ya, inilah salah pembahasan lebih lanjut terkait Pentingnya google Search console.

Mungkin bagi para pemula yang menggeluti dunia seo masih belum percaya bahwa website akan terindexs meskipun tanpa di daftarkan ke platform teresebut. Coba deh! Tetapi, mungkin akan jauh lebih lama.

Sayang juga disediakan alat gratis, malah tidak dipakai. Jadi, saran kami kalian wajib submit website ke GSC supaya bisa melakukan berbagai hal, salah satunya request indexs manual.

Cara Kerja Google Merangking Keyword

Fitur dan Laporan yang Tersedia

Fitur Google search console

1. Memantau Proses Crawling

Search Console memungkinkan Anda memastikan bahwa Google dapat menemukan dan meng-crawl situs Anda secara efisien.

2. Memperbaiki Masalah Pengindeksan

Bagaimana kalian bisa mengetahui website atau page sudah terindex atau belum? Sederhana, kalian bisa mengecek di google.com.

Cara ini cukup mudaj, cukup kunjungi google.com, lalu silahkan ke kolom pencarian dan tulis “site: alamatwebsite.com/url-page/” kemudian enter. Maka secara otomatis kalian akan mengetahui apakah sudah ke index atau belum.

Jika belum, memakai fitur GSC dapat untuk mengidentifikasi dan meminta pengindeksan ulang untuk konten baru atau yang diperbarui.

3. Menganalisis Data Traffic

Dengan Search Console, kalian bisa melihat seberapa sering situs muncul di hasil penelusuran, kueri mana yang memunculkan situs, dan seberapa sering pengguna mengklik untuk kueri tersebut.

Disini kamu bisa mengetahui target keyword yang diinginkan sudah berada di page berapa, apakah sudah menduduki posisi terbaik atau belum, dan berabgai analisa lain.

4. Pemberitahuan Masalah

Dalam penggunaanya, seorang pengelola situs juga bisa melakukan pemantauan masalah. Misalnya, mengecek index bermasalah , monitor kesalahan data web inti, dan lain sebagainya.

Search Console memberi tahu segera jika Google menemukan masalah pengindeksan, spam, atau masalah lainnya di situs kalian.

Google Keyword Suggestions dan Untuk SEO

Siapa yang Harus Menggunakan Google Search Console?

Jadi apakah hanya seorang praktisi seo saja yang hanya menggunakan platform dari google ini? Jadi bukan hanya seorang yang ahli seo saja yang harus memakai GSC, melainkan beberapa orang .

1. Pemilik Bisnis

Pengguna GSC pertama adalah pemilik Bisnis, mereka bisa melakukan pemantauan website yang di tangani oleh sesorang dalam perkembanganya di pencarian.

Meskipun  tidak menggunakan Search Console secara langsung, memahaminya akan memberikan wawasan yang berharga terkait pengoptimalan situs.

2. Pemasar atau Pakar SEO

Dan yang kedua, pengguna webmaster tools google sudah pasti mereka yang berkecimpung dalam melakukan upaya optimasi SEO web. Mungkin banyak alat lain , namun dapat dipastikan para pengembang web dalam mengoptimasi pencarian tidak akan lepas dari GSC.

Bagi pemasar dan pakar SEO, Search Console adalah alat penting untuk memantau traffic, mengoptimalkan peringkat, dan membuat keputusan berbasis data.

3. Administrator Situs

Bagi administrator situs, Search Console memudahkan pemantauan dan penyelesaian masalah teknis terkait performa dan keamanan situs.

Mereka memerlukan akses kedalam si

4. Developer Web

Developer web akan menemukan Search Console sangat berguna dalam memantau dan menyelesaikan masalah markup dan kode terkait data terstruktur.

8 Jenis Algoritma Google

Mendaftarkan website ke Search Console untuk Pemula

Registrasi dan konfigurasi awal situs web di Google Search Console (GSC) adalah langkah penting dalam memastikan bahwa Google dapat mengindeks dan menampilkan situs kalian di hasil penelusuran.

Tenang saja, caranya mudah Kok! Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan registrasi dan konfigurasi awal:

  1. Buka Google Search Console – Akses Google Search Console dan pastikan kalian sudah masuk memakai akun Google yang ingin digunakan untuk mengelola situs web.
  2. Tambahkan Situs Web Baru – Di dashboard GSC, klik tombol “Tambahkan Properti” atau “Add Property”.
  3. Pilih Tipe Properti – Di sana akan diminta untuk memilih tipe properti, pilih “Domain” jika akan menambahkan domain utuh (contoh: www.namasitus.com) atau “URL Prefiks” jika Anda ingin menambahkan subdomain atau subfolder tertentu (contoh: subdomain.namasitus.com atau namasitus.com/subfolder).menambahkan website ke Google search Console
  4. Masukkan Nama Domain atau URL Prefik –  Masukkan nama domain atau URL prefiks yang sesuai yang akan di tambahkan, lalu klik tombol “Lanjutkan”.
  5. Verifikasi Kepemilikan – Setelah menambahkan domain atau URL prefiks, lanjutakan harus memverifikasi kepemilikan. Google akan memberikan berbagai opsi verifikasi, termasuk mengunggah file HTML ke server situs Anda, menambahkan tag meta di header HTML, atau menggunakan Google Tag Manager. Pilih metode verifikasi yang paling sesuai untuk Anda dan ikuti instruksi yang diberikan.
  6. Verifikasi Berhasil – Jika verifikasi berhasil, kamu akan menerima pemberitahuan dan website akan ditambahkan ke akun Google Search Console.
  7. Konfigurasi Awal –  Setelah verifikasi berhasil, Anda akan diarahkan ke dashboard untuk situs web yang baru ditambahkan. Pada tahap ini, pengguna GSC  bisa mulai mengeksplorasi berbagai laporan dan pengaturan di dalam GSC.
  8. Submit Peta Situs (jika diperlukan) – Jika kalian memiliki sitemap.xml, mulai memberikan sitemap ini di bagian “Sitemap” di GSC. Ini membantu Google memahami struktur dan halaman-halaman penting di situs.Mengatur sitemap web di Google search console
  9. Atur Preferensi Penelusuran (Opsional) – Di bagian “Preferensi Penelusuran”, Anda dapat mengatur preferensi terkait bagaimana Google harus mengindeks dan menampilkan situs Anda. Ini termasuk preferensi terkait versi domain (www atau non-www), dan opsi terkait indeks halaman yang berguna.

Sekarang, situs web telah berhasil ditambahkan dan dikonfigurasi di Google Search Console. Berikutnya dapat terus menggunakan GSC untuk memantau kinerja situs kalian, memperbaiki masalah pengindeksan, dan mendapatkan wawasan berharga terkait bagaimana Google memandang situs dalam hasil penelusuran.

Dengan memahami dan memaksimalkan penggunaan Google Search Console, sehingga bisa meningkatkan kinerja website di hasil Google Penelusuran. Pastikan untuk terus memantau laporan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan  kamu tetap optimal. Jika Anda belum memanfaatkannya, segera daftarkan web di Google Search Console dan mulailah mengoptimalkan kehadiran online Anda.

Scroll to Top