tools seo Web dari google

Tools SEO dari Google dan Fungsinya

Introduction SEO (Search Engine Optimization) adalah cara untuk meningkatkan peringkat website melalui bagian-bagian teknis, termasuk tautan internal dan eksternal, struktur situs, UI (User Interface), dan UX (User Experience).

Kini, layanan SEO di Indonesia semakin populer, dan para ahli SEO telah menggunakan beberapa alat SEO gratis dari Google untuk membantu dalam inspeksi situs guna mencapai hasil yang lebih baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa alat SEO dari Google yang berguna dan banyak digunakan oleh agensi SEO di Indonesia.

Peran Tools SEO Google

Tools SEO memainkan peran yang krusial dalam strategi pemasaran digital dan optimisasi webbsite. Fungsinya mencakup berbagai hal, mulai dari analisis kata kunci untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan dan populer, hingga penelusuran situs web untuk mendeteksi masalah teknis dan memastikan situs dapat diindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Selain itu, Tools SEO membantu dalam mengukur kinerja situs web, termasuk lalu lintas organik, peringkat kata kunci, dan tingkat konversi.

Baik Tools SEO dari Google atau dari penyedia lainnya, fungsinya memungkinkan praktisi SEO untuk memantau pesaing, mengidentifikasi peluang baru, dan menyusun strategi konten yang lebih efektif.

Dengan adanya alat SEO yang tepat, pemasar dapat meningkatkan visibilitas online, meningkatkan peringkat di hasil pencarian, dan akhirnya meningkatkan lalu lintas dan kehadiran merek secara keseluruhan.

Jadi, dalam hal ini ada dua garis besar peralatan penunjang optimasi website, yakni dari platfrom lain dan yang di sediakan oleh google.

Berikut beberapa tools seo gratis dari google.

1. Google PageSpeed Insights

page speed insight

Alat baru dari Google, PageSpeed Insights, membantu untuk memeriksa dan menganalisis kecepatan keseluruhan website. Alat SEO ini dapat menganalisis konten versi mobile dan komputer dari halaman web serta memberikan saran-saran untuk meningkatkan kecepatan website.

Apa itu Google PageSpeed Insights?

Layanan gratis dari Google yang memberikan analisis mendalam tentang kinerja situs web Anda. Memungkinkan kalian bisa mengevaluasi halaman web dan  matrik skor dari 0 hingga 100 berdasarkan kriteria kecepatan dan pengalaman pengguna. Semakin tinggi skor yang didapatkan, semakin baik kinerja situs di mata Google dan pengguna.

Bagaimana Cara Kerja Google PageSpeed Insights?

Google PageSpeed Insights bekerja dengan cara menguji, menggunakan data dari Lighthouse, suatu program sumber terbuka yang mengukur kinerja situs web dan memberikan rekomendasi perbaikan. Hasil pengujian termasuk metrik kunci seperti waktu pemuatan halaman, waktu interaktif, waktu awal rendering, serta ukuran konten dan jumlah permintaan server.

Selain itu, alat ini memberikan dua skor berbeda untuk setiap halaman yang diuji: skor untuk kinerja desktop dan kinerja perangkat seluler. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana situs web Anda berkinerja di berbagai perangkat.

Mengapa Google PageSpeed Insights Penting?

Optimasi kecepatan situs web adalah elemen penting dalam strategi SEO dan pemasaran digital kalian. Beberapa alasan mengapa alat ini penting:

  1. Peringkat Pencarian – Mesin pencari, khususnya Google, mempertimbangkan kecepatan situs sebagai faktor peringkat. Situs web yang lebih cepat cenderung mendapatkan peringkat lebih baik di hasil pencarian.
  2. Pengalaman Pengguna – Pengguna internet lebih suka situs web yang memuat dengan cepat dan responsif. Jika situs Anda lambat, pengguna mungkin meninggalkannya sebelum mengakses konten, mengakibatkan tingkat pentalan yang tinggi.
  3. Kemampuan Penyaringan Iklan – Beberapa platform periklanan, seperti Google AdWords, juga menggunakan kecepatan halaman sebagai faktor dalam menentukan apakah iklan ditayangkan atau tidak.

https://pagespeed.web.dev/

2. Google Search Console

google search console

Google Search Console merupakan salah satu alat SEO Google yang paling penting dan sering digunakan oleh agensi SEO Indonesia. Selain untuk memeriksa eksposur situs, alat ini juga memungkinkan pemeriksaan tautan internal dan eksternal situs, lalu lintas situs, tingkat klik (CTR), dan data lainnya. Melalui Google Search Console, Anda dapat memantau data secara teratur untuk mencapai hasil terbaik dari layanan SEO di Indonesia.

Apa itu Google Search Console?

Google Search Console, sebelumnya dikenal bernama Google Webmaster Tools, adalah platform gratis dari Google yang dirancang untuk membantu pemilik situs web atau webmaster memahami dan mengoptimalkan kinerja situs mereka dalam hasil pencarian.

Tools SEO ini menyediakan informasi berharga tentang bagaimana Google mengindeks dan menyajikan halaman situs Anda dalam hasil pencarian. Dengan demikian, Search Console memainkan peran kunci dalam memperbaiki visibilitas dan kehadiran online situs Anda.

Bagaimana Cara Mengakses Google Search Console?

Webmaster bisa mengakses Google Search Console gratis, mendaftarkan situs webnya di platform ini. Langkah pertama adalah membuat akun Google, jika belum memilikinya, dan kemudian mendaftar untuk Google Search Console. Setelah mendaftar, maka akan diminta untuk mengotorisasi situs dan mengikuti instruksi yang diberikan. Ada beberapa cara untuk memverifikasi kepemilikan website, termasuk melalui kode HTML, tag meta, atau file HTML yang harus Anda tambahkan ke situs web Anda.

Fungsi Utama Google Search Console

  1. Pemantauan Kesehatan Situs (Site Health Monitoring),  informasi tentang masalah-masalah kesehatan situs yang mungkin mempengaruhi kinerja di hasil pencarian. Kalian akan diberi tahu tentang masalah indeks, peningkatan kesalahan pada halaman, dan peringatan keamanan.
  2. Pemantauan Indeksasi (Indexing Monitoring) – Alat ini memungkinkan untuk melacak berapa banyak halaman dari website atau blog yang telah diindeks oleh Google dan berapa banyak halaman yang diabaikan (misalnya, karena instruksi dalam file robots.txt). Jika ada halaman penting yang tidak diindeks, Anda dapat menemukan masalahnya di sini.
  3. Pemantauan Kinerja Pencarian (Search Performance Monitoring) – Google Search Console menyediakan wawasan tentang kinerja situs di hasil pencarian. Maka praktisi SEO dapat melihat kata kunci apa yang mengarahkan pengguna ke Blog, seberapa sering website muncul dalam hasil pencarian, dan berapa banyak klik yang diterimanya
  4. Submit dan Memvalidasi Sitemap –  Fitur ini untuk mengirim sitemap situs ke Google melalui Search Console. Sitemap adalah daftar lengkap dari halaman-halaman yang ada di situs Anda dan memudahkan Google dalam mengindeks halaman-halaman tersebut.
  5. Pemberitahuan Kesalahan (Error Notifications) – Google Search Console akan memberi tahu kalian tentang masalah-masalah penting yang perlu diperbaiki segera, seperti adanya malware atau penurunan signifikan dalam indeks halaman.
  6. Pengajuan URL (URL Submission): Anda dapat mengajukan URL baru untuk diindeks oleh Google. Ini berguna jika Anda telah membuat konten baru yang ingin segera muncul dalam hasil pencarian.
  7. Pengaturan Preferensi Situs (Site Preferences Setting –  Pengelola website dapat mengatur preferensi situsnya, seperti menentukan apakah ingin Google menyajikan versi situs seluler atau desktop ketika pengguna mencarinya.

Mengapa Google Search Console Penting?

Google Search Console adalah alat yang sangat berharga bagi pemilik situs web atau webmaster karena memberikan informasi yang jelas tentang bagaimana website tampil di hasil pencarian Google. Data yang disediakan oleh Search Console, Maka menjadi acuan mengoptimalkan, meningkatkan peringkat pencarian dan mendatangkan lebih banyak lalu lintas organik.

Alat ini juga membantu mengidentifikasi masalah potensial yang mungkin mempengaruhi kinerja dan memberi tahu tentang perbaikan yang perlu dilakukan pada web.

Ketika memahami tools gratis SEO google ini, cara menggunakan Google Search Consolesecara baik, mudah membuat keputusan bisnis yang lebih cerdas berdasarkan data dan meningkatkan eksistensi online dari situs, membantu kalian mencapai target dan tujuan pemasaran lebih efisien.

https://search.google.com/search-console/

3. Google Trend

google trend

Bagi yang belum memulai menggunakan layanan SEO di Indonesia dan memerlukan alat untuk menganalisis dan meneliti kata kunci, Google Trend adalah pilihan tepat! Tools ini gratis ini memungkinkan kalian bisa memasukkan kata kunci dan melakukan analisis berdasarkan lokasi, waktu, dan sumber data lainnya. Meskipun tidak memberikan informasi mendalam tentang volume pencarian setiap kata kunci, alat ini dapat membantu memahami perilaku pencarian pengguna.

Google Trends adalah layanan yang disediakan oleh Google pengguna bisa melihat sejauh mana popularitas suatu topik, kata kunci, atau istilah pencarian dari waktu ke waktu. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi para Digital Marketing, Analis, jurnalis, dan siapa pun yang tertarik untuk memahami tren dan pola perilaku pencarian di berbagai lokasi dan periode waktu.

Bagaimana Google Trends Bekerja:

Google Trends mengumpulkan data dari pencarian yang dilakukan di mesin pencari Google. Data ini kemudian diolah dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang menunjukkan sejauh mana minat pencarian terhadap suatu topik dalam interval waktu tertentu.

Skala angka pada grafik tersebut mengacu pada popularitas relatif, bukan angka absolut. Ini berarti nilai 100 pada grafik menunjukkan popularitas puncak untuk suatu istilah tertentu pada titik waktu dan kurva yang lebih rendah menunjukkan tingkat popularitas yang lebih rendah.

Jadi sangat penting sebagai alat penunjang SEO untuk mecari kata kunci meningkatkan tafik website.

Fitur Utama Google Trends:

  1. Pencarian Topik Populer – Google Trends menyajikan daftar topik-topik populer yang sedang dicari oleh pengguna di berbagai wilayah dan negara. Ini membantu pengguna untuk melacak tren dan menemukan topik-topik terkini yang menarik minat banyak orang.
  2. Pencarian Berdasarkan Lokasi – Pengguna dapat memfilter data berdasarkan negara, wilayah, atau kota tertentu. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami perbedaan dalam minat dan perilaku pencarian antara berbagai lokasi geografis.
  3. Pencarian Berdasarkan Periode Waktu – memilih periode waktu tertentu untuk melihat bagaimana minat pencarian terhadap suatu topik berubah seiring waktu. Tentukan rentang waktu harian, mingguan, bulanan, atau tahunan.
  4. Perbandingan Antara Istilah Pencarian – Google Trends memungkinkan praktis SEO membandingkan beberapa istilah pencarian sekaligus dalam satu grafik. Ini membantu mengidentifikasi tren komparatif dan mengetahui istilah yang lebih populer daripada yang lain.
  5. Kategori Pencarian -Siapapun  dapat mencari tren dalam kategori tertentu, seperti berita, bisnis, hiburan, kesehatan, teknologi, dan banyak lagi. Ini membantu Anda untuk fokus pada topik-topik yang relevan dengan bidang tertentu.

Fungsi Google Trends sangat penting sebagai tools seo yang wajib dikuasai.

Google Trends memiliki banyak aplikasi yang berguna:

  1. Riset Pasar: Bagi pemasar dan peneliti, Google Trends dapat membantu memahami minat konsumen terhadap produk atau jasa tertentu dan melacak perubahan tren di pasar.
  2. Perencanaan Konten: Konten yang berbasis tren cenderung menarik lebih banyak lalu lintas. Dengan Google Trends, Anda dapat menemukan topik-topik populer untuk menciptakan konten yang relevan dan menarik.
  3. SEO (Search Engine Optimization): Untuk mengoptimalkan situs web agar tampil lebih tinggi dalam hasil pencarian, Anda dapat menggunakan Google Trends untuk mencari kata kunci yang populer dan relevan.
  4. Pemantauan Berita dan Peristiwa: Dengan Google Trends, Anda dapat melacak peristiwa berita penting yang mempengaruhi tingkat minat pencarian dan memahami tren berita terkini.
  5. Analisis Reputasi Merek: Anda dapat memantau popularitas merek atau perusahaan tertentu secara online dengan melihat bagaimana istilah pencarian yang terkait dengan merek tersebut berubah seiring waktu.

Google Trends merupakan sumber daya yang kaya dan bermanfaat bagi siapa pun yang ingin memahami tren dan pola perilaku pencarian secara lebih mendalam. Dengan memanfaatkannya dengan bijaksana, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih cerdas dan relevan dalam berbagai aspek bisnis, pemasaran, dan konten.

https://trends.google.co.id/trends/

4. Google Keyword Planner (Google Ads)

Google Keyword Planner adalah alat SEO Google untuk cek persaingan kata kunci dan perkiraan biaya per klik (CPC) untuk iklan. Meskipun alat ini dirancang untuk mendukung iklan di Google, Anda tetap bisa memanfaatkannya sebagai alat layanan SEO di Indonesia untuk penelitian volume pencarian kata kunci.

Sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords, adalah platform periklanan berbayar yang disediakan oleh Google dan Bisa menjadi salah satu rujukan alat penunjang SEO.

Mengapa? Karena disana kalian bisa memperoleh kata kunci potensial yang akan dibuat menjadi konten.

Komponen Utama Google Ads:

  1. Kampanye (Campaigns): Kampanye adalah tingkat tertinggi dalam struktur akun Google Ads. Di dalam kampanye, Anda mengatur tujuan periklanan, anggaran harian, jadwal iklan, dan lokasi target.
  2. Grup Iklan (Ad Groups): Di dalam setiap kampanye, Anda dapat memiliki beberapa grup iklan. Grup iklan adalah kumpulan iklan yang relevan dengan kata kunci yang serupa. Setiap grup iklan memiliki tawaran per klik yang ditentukan sendiri.
  3. Iklan (Ads): Iklan adalah pesan atau gambar yang ditampilkan kepada pengguna saat kata kunci yang relevan dicari. Anda dapat membuat berbagai jenis iklan, termasuk iklan teks, iklan gambar, iklan responsif, dan iklan video.
  4. Kata Kunci (Keywords): Kata kunci adalah istilah atau frasa yang Anda pilih untuk menghubungkan iklan Anda dengan pencarian pengguna. Pilihan kata kunci yang tepat sangat penting karena menentukan kapan iklan Anda akan ditampilkan.
  5. Halaman Tujuan (Landing Pages): Halaman tujuan adalah halaman di situs web Anda yang diarahkan oleh iklan. Halaman ini harus relevan dengan iklan dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Manfaat Google Ads, jadi bukan hanya untuk kepentingan optimasi SEO saja. Tetapi, ini sangat penting buat marketing digital. Berikut manfaatnya:

  1. Meningkatkan Trafik dan Kesadaran, Google Ads, pengguna bisa  menargetkan kata kunci yang relevan dan menampilkan iklan di halaman hasil pencarian Google. Ini membantu meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda dan meningkatkan kesadaran merek Anda.
  2. Kontrol Anggaran, Kalian menetapkan anggaran harian untuk iklan dan mengatur berapa banyak yang ingin bayarkan untuk setiap klik. Ini memberikan fleksibilitas dalam mengelola biaya iklan.
  3. Targeting yang Tepat: Google Ads memungkinkan menargetkan iklan berdasarkan lokasi geografis, bahasa, perilaku online, dan banyak lagi. Ini memastikan iklan Anda hanya ditampilkan kepada audiens yang tepat.
  4. Pengukuran dan Analisis, Google Ads menyediakan berbagai alat analisis dan pelaporan membantu kalian melacak kinerja iklan. Jadi  bisa melihat berapa banyak klik, impresi, dan konversi yang diperoleh iklan.
  5. Fleksibilitas dalam Jenis Iklan, Selain iklan teks, ada juga iklan gambar, iklan responsif, dan iklan video di berbagai platform seperti Google Search, Display Network, dan YouTube.

5. Google Analytics.

tools seo Web dari google

Google Analytics adalah layanan web analytics yang disediakan sebagai salah satu tools SEO web dari Google. Fungsinya adalah untuk memantau dan menganalisis lalu lintas website, serta memberikan wawasan tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web tersebut. Berikut beberapa fungsi utama dari Google Analytics:

  1. Pemantauan lalu lintas, Melacak jumlah pengunjung yang mengakses situs web, serta sumber lalu lintas (misalnya, pencarian organik, iklan, media sosial, dan tautan langsung).
  2. Pemahaman perilaku pengguna, melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan pengunjung di situs, berapa banyak halaman yang dilihat, tingkat pentalan (bounce rate), dan informasi tentang interaksi dengan halaman tertentu.
  3. Penelusuran kata kunci, Mengetahui kata kunci yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs Anda melalui mesin pencari, sehingga dapat membantu Anda memahami minat dan kebutuhan audiens Anda.
  4. Pelacakan konversi, Mengatur dan melacak tujuan (goal) atau tindakan yang diinginkan oleh pengguna, seperti mengisi formulir, melakukan pembelian, atau mendaftar newsletter.
  5. Analisis demografi dan minat, Memahami demografi pengunjung, seperti usia, jenis kelamin, dan minat umum, yang dapat membantu kalian mengarahkan kampanye pemasaran dengan lebih tepat.
  6. Pelacakan kampanye pemasaran, Memmbantu memantau kinerja kampanye pemasaran online, termasuk iklan PPC (pay-per-click), iklan media sosial, dan kampanye email.
  7. Analisis kinerja halaman, Kalian dapat mengevaluasi kinerja halaman individu di situs web kalian, melihat halaman mana yang paling populer dan mana yang memiliki tingkat pentalan yang tinggi.
  8. Pelacakan perangkat dan platform, Google Analytics memungkinkan Anda untuk mengetahui perangkat apa yang digunakan pengunjung (misalnya, desktop, ponsel, atau tablet) serta sistem operasi dan peramban web yang mereka gunakan.
  9. Real Time Report,  Anda dapat melihat laporan tentang lalu lintas situs web Anda secara real-time, yang membantu Anda melacak acara penting, kampanye instan, atau momen viral.

Google Analytics merupakan alat SEO yang sangat penting bagi pemilik situs web dan Digital Marketing. Dengan informasi dan wawasan yang diberikan oleh Google Analytics, Anda dapat mengoptimalkan situs web Anda, meningkatkan pengalaman pengguna, dan merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

https://analytics.google.com/

Memahami Pentingnya Tools SEO

Dalam mengoptimalkan situs, kalian memerlukan berbagai Tools SEO yang akan membantu menerapkan SEO secara efektif. Alat-alat ini mencakup plugin untuk analisis dan perbaikan konten, alat untuk penelitian dan penentuan kata kunci, analisis data, serta pemantauan performa website. Investasi dalam alat-alat SEO ini penting untuk jangka panjang dan kesuksesan situs dan blog Anda.

Banyak sekali jenisnya , mulai dari yang berbayar hingga gratis. Selain memakai produk dan layanan peralatan seo dari Google, berikut beberapa tools dari pihak lain.

Alat SEO yang Sering Digunakan

Berikut ini beberapa alat SEO yang sering digunakan dalam optimasi tulisan dan situs web:

  1. Yoast SEO: Plugin WordPress yang membantu mengidentifikasi kekurangan pada konten tulisan dan memberikan saran-saran perbaikan, termasuk meta description, readability, SEO title, keyword density, Alt gambar, dan lainnya.
  2. Ubersuggest: Alat pencarian kata kunci dari Neil Patel yang menampilkan peringkat SERP teratas untuk frasa kunci yang dicari.
  3. Screaming Frog: Alat untuk mengaudit situs dan menganalisis struktur URL serta tautan internal dan eksternal.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tools SEO dari Google dan pemahaman dasar-dasar SEO, maka kalian dapat mengoptimalkan peringkat situs web secara efektif. Memahami pentingnya pengoptimalan mesin telusur dan menggunakan alat-alat yang tepat akan membantu Anda mencapai hasil terbaik dari layanan SEO di Indonesia.

Scroll to Top