cara mengganti port ssh

Cara Mengganti Port SSH di VPS

Selamat datang, para pembaca yang gemar mengelola server VPS! Nah mungkin sebagian orang masih bingung cara mengganti port SSH di VPS, Tenang saja.. Bisa kok.

Menggunakan VPS untuk meng-host situs web atau aplikasi merupakan pilihan tepat ketika mempunyai situs bertrafik tinggi, selain itu keamanan dan privasi adalah hal yang penting. Salah satu langkah yang penting dalam meningkatkan keamanan server adalah dengan mengganti port SSH default.

Sebagai seorang penjelajah waktu, saya telah menyusun panduan lengkap tentang cara mengganti port SSH di VPS agar dapat melindungi server dari berbagai serangan cyber, termasuk serangan brute-force. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Apa Itu Secure Shell (SSH)?

cara mengganti port ssh
img:ssh

Sebelum kita masuk ke cara mengganti port ssh, mari kita jelaskan secara singkat terlebih dahulu pengertian apa itu Secure Shell atau SSH. SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan kalian untuk mengakses server dari jarak jauh.

Salah satu keuntungan utama dari SSH adalah kemampuannya untuk mengenkripsi komunikasi antara client dan server, sehingga data yang dikirimkan aman dari mata-mata jahat.

Mengapa Perlu Mengganti Port SSH?

Penggunaan port 22 sebagai port SSH default mungkin berisiko karena rentan terhadap serangan brute-force. Serangan brute-force adalah upaya untuk menebak kata sandi dengan mencoba berbagai kombinasi secara berulang-ulang hingga berhasil masuk.

Dengan mengganti port SSH, aka hal ini dinilai dapat mengurangi risiko serangan semacam itu.

Memilih Port SSH Baru

Langkah pertama adalah memilih port SSH baru yang akan digunakan. Namun, sebelum itu, perlu diingat bahwa port 0-1023 telah dipersiapkan khusus untuk berbagai layanan dan hanya bisa dikaitkan dengan akses root. Oleh karena itu, sebaiknya pilih port di luar rentang ini, antara 1024 sampai 65535.

Cara Membuat SSH dengan VPS untuk Remote Server

Cara Ganti Port SSH di VPS

Ada beberapa tahapan yang bisa kalian lakukan ketika akan mengganti port ssh kalian. Berikut adalah langkah-langkah cara mengganti port SSH di VPS Anda:

#1: Buat Koneksi ke Server melalui SSH

Jalankan perintah berikut di Terminal atau PuTTy untuk terhubung ke server melalui SSH:

Pastikan untuk mengganti “username” dengan nama pengguna Anda dan “0.0.0.0” dengan alamat IP server Anda.

#2: Ubah Konfigurasi SSH

Gunakan perintah berikut untuk mengakses file konfigurasi SSH (sshd_config):

sudo nano /etc/ssh/sshd_config

Temukan baris yang berisi “#Port 22” dan hapus tanda pagar (#) serta angka 22. Gantilah dengan nomor port SSH baru yang telah Anda pilih sebelumnya.

#3: Simpan Perubahan

Setelah Anda mengganti port SSH, simpan perubahan yang telah Anda buat dengan menekan tombol “Ctrl + X,” lalu ketik “Y” untuk menyimpan perubahan, dan tekan “Enter” untuk mengonfirmasi.

#4: Restart Layanan SSH

Untuk menerapkan perubahan, restart layanan SSH dengan perintah berikut:

sudo service ssh restart

FAQ

  1. Apakah mengganti port SSH akan membuat server saya 100% aman?
    • Meskipun mengganti port SSH adalah langkah yang baik untuk meningkatkan keamanan, tidak ada jaminan bahwa server Anda akan 100% aman. Pastikan Anda juga mengikuti praktik keamanan lainnya, seperti menggunakan kata sandi yang kuat dan mengatur firewall dengan bijaksana.
  2. Apakah saya harus selalu mengganti port SSH?
    • Tidak, Anda tidak harus selalu mengganti port SSH. Namun, jika Anda merasa ada ancaman keamanan yang meningkat atau telah mendeteksi aktivitas mencurigakan, mengganti port SSH dapat membantu mengurangi risiko serangan.
  3. Bisakah saya menggunakan angka port apa saja untuk mengganti port SSH?
    • Tidak semua angka port dapat digunakan untuk mengganti port SSH. Sebaiknya pilih dari rentang port 1024 sampai 65535 yang tidak dikhususkan untuk layanan tertentu.
  4. Apa yang harus dilakukan jika saya lupa port SSH baru yang telah saya tetapkan?
    • Jangan khawatir, Anda selalu dapat mengakses kembali file konfigurasi SSH (sshd_config) dan melihat nomor port yang telah Anda pilih sebelumnya.
  5. Apakah mengganti port SSH akan mempengaruhi koneksi saya ke server?
    • Ya, mengganti port SSH akan mempengaruhi koneksi ke server. Setelah mengganti port, Anda harus menggunakan nomor port yang baru ketika mengakses server melalui SSH.

Sekarang Anda telah memiliki panduan lengkap tentang cara mengganti port SSH di VPS yang sedang kalian kelola. Ingatlah untuk selalu menjaga keamanan server Anda dan terus belajar tentang praktik keamanan terbaru. Semoga server kalian selalu aman dan lancar dalam menjalankan tugasnya! Selamat mencoba!

Scroll to Top