Cara Install SSH

Cara Membuat SSH dengan VPS untuk Remote Server

Cara membuat SSH , Bagaimana sih..? Jika kalian sudah menggunakan layanan VPS, pasti sudah tidak asing lagi dengan akses SSH.

Akses SSH sangat penting untuk mengelola VPS Anda, terutama jika tidak menggunakan panel. Bagaimana cara menggunakan SSH dengan VPS ini? Yuk, mari kita bahas!

Apa itu SSH?

Secure Socket Shell atau SSH adalah suatu protokol yang memberikan akses administrator. Dengan menggunakan SSH, maka kalian dapat terhubung ke komputer atau server yang berlokasi jauh dari tempat kalian saat ini, selama terhubung dalam jaringan internet.

SSH digunakan untuk mengenkripsi sambungan antara perangkat client dan server di lokasi lain.

Jadi, tutorial install SSH ini sangat berguna bagi kalian yang ingin melakukan akses jarak jauh. Para Network Administrator dan System Administrator biasanya menggunakan SSH untuk mengelola server dari jarak jauh.

Memakai SSH, kalian dapat mengeksekusi program, menyalin, memindahkan, bahkan menghapus file pada server tanpa harus mendatangi server fisik secara langsung.

Metode penggunaan SSH ada dua, yaitu dengan key dan tanpa key. Metode menggunakan key dianggap lebih aman karena membutuhkan otentikasi dua arah, baik dari klien maupun dari server.

Oh ya, SSH juga memiliki portnya sendiri yang bisa diatur. Anda bisa membaca lebih lanjut tentang cara mengganti Port SSH di VPS untuk informasi lebih detail.

Cara Membuat SSH dengan VPS

Sebelum cara penggunaanya, Mari kita lakukan pembahasan bagiamana cara membuat SSH dengan VPS setiap tahapnya.

1. Bikin Public Key dan Private Key

Jadi ceritanya, kita mau bikin Public Key dan Private Key untuk menggunakan SSH, Memakai RSA yang Merupakan alat kriptografi yang asimetris banget. Nah, RSA ini jadi andalan buat enkripsi Public Key, terutama buat tanda tangan digital yang berguna banget.

Gimana caranya bikin Key? Gampang banget, bro! Pertama, buka terminal Kemudian mulai dengan ketik “ssh-keygen -t rsa”, lalu tekan “Enter”.

Nungguin bentar, biar kuncinya jadi. Dan voila! Tuh dia, ada pesan sukses yang bilang Public Key sama Private Key udah berhasil dibikin.

2. Salin Public Key ke VPS

Selanjutnya, kita mau nyalin Public Key yang udah dibikin tadi ke VPS. Kenapa sih? Biar komputer yang udah di-set bisa dikenali sama VPS, gitu. Caranya simpel, deh. Ketik perintah buat nyalinnya, terus masukin password VPS. Cuma butuh waktu sesaat aja kok.

Bagaimana Cara Menggunakan SSH?

Kita mau remote VPS-nya. Ini langkah terakhir supaya bisa meremote VPS dari SSH dengan hak akses root. Caranya mirip kayak yang tadi, tinggal ketik perintahnya.

Tapi perlu diingat, hak akses root itu tingkat keamanannya tinggi. Jadi, hati-hati banget ya kalau udah masuk situ. Pastikan semuanya dikerjain dengan hati-hati, biar aman.

Oh iya, kalo mau lebih gampang lagi, coba deh pake software PuTTy atau Linux buat remote VPS-nya. Jadi, setelah berhasil bikin SSH, nggak perlu lagi deh repot-repot masukin username dan password berulang-ulang. Hemat waktu banget!

Jadi gitu, bro. Cara membuat SSH dan Remote VPS. Dengan SSH, optimasi website jadi lebih gampang, dan tentunya data kita aman banget dari tangan-tangan jahil yang suka ngintip. Makanya, tetap hati-hati dan jaga keamanannya, ya!

Mari kita bahas secara singkat. Ada beberapa langkah untuk menggunakan SSH dengan VPS, diantaranya:

  1. Proses Instalasi
    • Pada dasarnya, penggunaan SSH pada semua sistem operasi hampir sama. Namun, pada sistem operasi Windows, Anda biasanya memerlukan aplikasi tambahan sebagai klien SSH.
    • Untuk sistem operasi Linux, biasanya sudah memiliki aplikasi SSH sebagai klien, jadi Anda tidak perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Jika belum terpasang, Anda bisa melakukan instalasi paket openssh-client dengan perintah sudo apt install openssh-client.

Untuk langkah-langkah detailnya, mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

1. Instalasi SSH pada Linux

Cara Install SSH

Pada sistem operasi Linux seperti Ubuntu, aplikasi SSH sebagai klien sudah ada secara default. Jadi, kalian tidak perlu melakukan instalasi tambahan.

Jika pada sistem operasi komputer kalian belum terdapat aplikasi klien SSH, maka bisa melakukan instalasi paket openssh-client dengan perintah berikut di terminal:
$ sudo apt install openssh-client
Setelah terinstal, file konfigurasi SSH pada Linux (Ubuntu) terletak di folder /etc/ssh/sshd_config

2. Proses Instalasi SSH pada Windows

Jika Perangkat laptop memakai sistem operasi Windows, maka memerlukan aplikasi tambahan sebagai klien SSH. Salah satu aplikasi populer untuk itu adalah OpenSSH for Windows. Anda bisa mengunduhnya dan mengikuti instruksi instalasi yang disediakan.

3. Melakukan Koneksi SSH Tanpa Key

Langkah berikutnya adalah melakukan koneksi SSH tanpa menggunakan key. Anda dapat menggunakan metode otentikasi berupa username dan password untuk melakukan koneksi SSH ke VPS.

4. Melakukan Koneksi SSH Menggunakan Key

Metode lebih aman untuk menggunakan SSH adalah dengan menggunakan key. Dengan key ini, Anda melakukan otentikasi dua arah, baik dari klien maupun server.

Kesimpulan

Dengan menggunakan SSH, kalian bisadengan mudah mengakses dan mengelola VPS dari jarak jauh tanpa harus datang secara fisik. Pastikan telah mengetahui cara install SSH yang sesuai sistem operasi yang digunakan, dan lebih disarankan untuk menggunakan metode otentikasi dengan key untuk tingkat keamanan yang lebih baik.

Jadi, mari kita gunakan SSH untuk mempermudah pengelolaan VPS kita! Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Perbedaan Hosting, Shared Hosting, VPS dan Dedicated


FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

  1. Apakah SSH hanya digunakan oleh Network Administrator dan System Administrator? Tidak, meskipun SSH umumnya digunakan oleh mereka, siapa pun bisa menggunakan SSH untuk mengelola server dari jarak jauh.
  2. Mengapa metode menggunakan key lebih aman daripada tanpa key? Metode menggunakan key melibatkan otentikasi dua arah, sehingga tingkat keamanannya lebih tinggi karena memerlukan lebih dari sekadar username dan password.
  3. Bagaimana cara mengganti Port SSH di VPS? Anda bisa mengganti Port SSH dengan mengedit file konfigurasi /etc/ssh/sshd_config pada VPS dan mengubah nilai port sesuai preferensi Anda.
  4. Apakah SSH Tunneling juga bisa digunakan untuk akses internet gratis? Ya, SSH Tunneling bisa digunakan untuk bypass koneksi internet dan mengakses internet secara gratis tanpa mengurangi kuota paket internet operator seluler.
  5. Di mana saya bisa mendapatkan layanan VPS untuk SSH Tunneling? Anda dapat mencari penyedia layanan VPS yang menawarkan paket VPS khusus untuk SSH Tunneling, seperti VPS dengan lokasi server di Singapore yang direkomendasikan untuk tujuan tersebut.
Scroll to Top