cara install cPanel di VPS

Panduan Lengkap Install cPanel di VPS

Halo pembaca eraweb.id! Pada kesempatan ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara install cPanel di VPS (Virtual Private Server). Langsung saja, yuk kita mulai!

Pengenalan VPS dan cPanel

Sebelum memulai tutorial, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu VPS dan cPanel. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server, yang merupakan server virtual memiliki spesifikasi hardware yang tinggi dan performa yang mumpuni.

Sedangkan cPanel adalah salah satu kontrol panel hosting terpopuler di dunia yang memudahkan pengguna dalam mengelola web hosting. Dengan cPanel, kalian dapat mengatur berbagai fasilitas hosting mempunyai fitur mudah dan cepat.

Nah ,setelah membeli VPS , maka kalian bisa install cPanel di VPS sebagai berikut:

Cloud Hosting: Pengertian dan Kelebihannya

1. Persiapan VPS

Pertama-tama, pastikan Anda sudah memiliki VPS yang aktif dan bisa diakses melalui SSH atau VNC. Jika belum, Anda dapat menyewa layanan VPS dari berbagai penyedia layanan hosting terpercaya di Indonesia.

2. Persiapan Lisensi cPanel

Sebelum menginstall cPanel, Anda perlu memastikan bahwa Anda telah memiliki lisensi cPanel yang sah. Jika belum memiliki lisensi, Anda bisa mendapatkan lisensi cPanel untuk VPS Linux dengan harga terjangkau.

3. Mulai Install cPanel

Setelah persiapan di atas selesai, saatnya menginstall cPanel di VPS. Untuk memulai proses instalasi, ikuti langkah-langkah berikut:

3.1. Login ke VPS melalui SSH

Buka aplikasi SSH seperti Putty atau Terminal, dan masuk ke VPS dengan menggunakan akun dan password yang telah Anda terima.

3.2. Download dan Ekstrak cPanel

Ketik perintah berikut di SSH untuk mendownload dan mengekstrak file instalasi cPanel:

cd /usr/src
rm -fv cpanel.tgz
wget https://link-download-cpanel.tld/cpanel.tgz
tar -xzf cpanel.tgz
cd cpanel

3.3. Jalankan Skrip Installasi

Sekarang, jalankan skrip instalasi cPanel dengan perintah berikut:
sh cpanel-install.sh

4. Konfigurasi cPanel

Setelah proses instalasi selesai, langkah berikutnya adalah melakukan konfigurasi cPanel sesuai kebutuhan. Konfigurasi dapat dilakukan melalui command line atau melalui GUI pada WHM (Web Host Manager).

4.1. Command Line Configuration

Untuk melakukan konfigurasi melalui command line, Anda dapat mengedit file konfigurasi cPanel yang disimpan di /etc/csf/csf.conf menggunakan editor teks seperti vim atau nano.

4.2. GUI Configuration

Untuk melakukan konfigurasi melalui GUI, Anda dapat login ke WHM menggunakan alamat domain atau alamat IP VPS diikuti dengan port 2087. Setelah masuk, akses panel Plugins CSF di sebelah kiri, lalu gulir ke bawah dan pilih “csf – ConfigServer Firewall” > “Firewall Configuration”. Sesuaikan seting yang diinginkan dan jangan lupa untuk menyimpan perubahan.

Cara Membuat Website Sendiri untuk Pemula

Kesimpulan

Selamat, kini kalian telah berhasil install cPanel di VPS! Sekarang sudah dapat dengan mudah mengelola web hosting melalui cPanel yang memiliki berbagai fitur lengkap dan user-friendly.

Scroll to Top