google my bisnis

Apa Itu Google My Business

Apa itu Google My Business?

Dalam lanskap digital saat ini, tantangan mendapatkan visibilitas online telah menjadi aspek penting bagi bisnis. Google, sebagai salah satu mesin pencari paling populer, memainkan peran sentral dalam memastikan bisnis muncul di puncak hasil pencarian.

Solusi digital yang ditawarkan oleh Google Workspace telah memberdayakan bisnis untuk membangun kehadiran online yang kuat. Salah satu alat yang menonjol dalam daftar ini adalah Google My Business, yang bahkan telah mengubah bisnis di Indonesia yang sebelumnya belum mempertimbangkannya.

Apa Itu Google My Business?

google my bisnis

Google My Business adalah alat penting yang disediakan oleh Google, yang memberikan peluang kepada bisnis di Indonesia untuk terhubung dengan calon pelanggan melalui Google Search dan Maps. Pada intinya, alat ini memberikan daftar Google gratis yang mencakup informasi penting seperti nama bisnis, alamat usaha, nomor kontak, URL website, jam operasional, dan produk atau layanan yang ditawarkan. Alat ini telah muncul sebagai katalis transformasi digital bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia, memungkinkan mereka meningkatkan kehadiran online tanpa biaya besar.

Memahami Profil Bisnis Google

Profil Bisnis Google adalah cara gratis dan mudah untuk membuat toko digital bagi bisnis kalian. Profil ini mencakup detail penting seperti nama bisnis, alamat, nomor kontak, dan jam operasional.

Ini juga memberikan pintu gerbang ke situs web dan memberikan petunjuk bagi calon pelanggan. Lebih dari itu, pelanggan dapat memberikan ulasan pada Profil Bisnis Google kalian yang lebih memperkaya kontennya.

Kekuatan Profil Bisnis Google

Diantaraya adalah Meningkatkan Visibilitas pada Mesin Pencari atau praktik Lokal SEO.

Profil Bisnis Google yang sudah dibuat mmerupakan listing penting menjadi panduan bagi orang-orang ketika mereka mencari bisnis atau produk serupa di Google Search dan Maps.

Tidak hanya itu saja, setelah mempunyai profil bisnis ini akan berperan penting untuk memfasilitasi interaksi konsumen, update detail penting seperti alamat usaha, nomor kontak yang bisa dihubungi, situs web, dan jam operasional di profil kalian. Menjaga profil tetap segar dengan gambar-gambar menarik, penawaran menarik, dan promo khusus adalah kunci untuk menciptakan kesan yang tahan lama pada klien potensial.

Mengapa Google My Business Penting

Alasan membuat Google My Bisnis dimiliki oleh kalian diantaranya adalah ,Meningkatkan Bisnis Melalui Google My Business.

Membuat halaman Google My Business merupakan langkah krusial dalam meningkatkan peringkat situs web bisnis di Halaman Hasil Pencarian (SERP).

Halaman ini berfungsi sebagai kartu nama virtual, memberikan informasi penting seperti nama bisnis, alamat, dan jam operasional.

Lebih dari itu, halaman ini memberi pelanggan kesempatan yang merasa puas untuk meninggalkan ulasan dan penilaian rating, yang dapat memengaruhi keputusan pengguna lain tentang berbisnis.

Lebih dari Sekedar Peringkat Lebih Tinggi

Lebih dari sekadar membantu peringkat website yang sedang kalian kelola, profil Google My Business juga memperluas jangkauan kalian di Google pencarian dan Google Maps.

Ketika pengguna mencari bisnis serupa sesuai bisnis kalian, maka profil bisnis kalian berpotensi muncul di Panel Pengetahuan di sisi kanan SERP.

Salah satu pentingnya membuat Google Bisnisku, Panel ini bahkan dapat mencakup ink langsung ke situs web dan deskripsi informatif tentang bisnis kalian, yang lebih mendorong pengguna untuk menjelajahi penawaran Anda.

Mudah Ditemukan di Google dan Google Maps

Calon pelanggan mencari informasi kebutuhan melalui google , peran google Business dan Google map ini memungkinkan bisnis kalian mendapatkan kunjungan mengarahkan kosumen ke alamat real maupun online ke website kalian.

Google merupakan sumber utama rujukan pencarian. Profil Bisnis Google adalah tiket kalian untuk memperluas visibilitas barang dan layanan kalian, memastikan bahwa mereka mudah ditemukan oleh konsumen yang mencari di sekitar lokasi mereka.

Profil kalian tidak hanya mengungkapkan keberadaan bisnis, tetapi juga memandu calon pelanggan ke lokasi fisik Anda, memperkaya pengalaman mereka secara keseluruhan.

Mengendalikan Informasi Listing Anda

Profil Google My Business memberi kalian wewenang untuk mengelola dan memperbarui informasi kontak, jam operasional, dan detail penting lainnya sesuai kebutuhan.

Kalian dapat menggunakan fitur pembaruan untuk memberikan informasi ke orang lain tentang perubahan dalam layanan bisnis, seperti penutupan sementara atau pembukaan kembali penuh (fitur yang sangat berguna selama krisis seperti pandemi COVID-19).

Profil Bisnis Google sangat dioptimalkan untuk SEO lokal, sehingga informasi bisnis yang bagikan akan menduduki peringkat di atas situs pihak ketiga yang mungkin memiliki informasi yang tidak mutakhir.

Membangun Kepercayaan melalui Ulasan

Memanfaatkan Bukti Sosial untuk Meningkatkan Kepercayaan

Ulasan merupakan komponen penting dari bukti sosial, serta cara yang bermakna untuk membangun kepercayaan. Gabungan penilaian bintang dan ruang ulasan terperinci dari Google memungkinkan pelanggan untuk berbagi sebanyak atau sesedikit mungkin informasi tentang pengalaman mereka dengan bisnis Anda.

Semua ini membantu calon pelanggan mengambil keputusan tentang bisnis yang ingin mereka kunjungi dan produk yang ingin mereka beli.

Meskipun prospek ulasan negatif di platform publik mungkin menakutkan, penting untuk diingat bahwa kombinasi ulasan positif dan negatif lebih dapat dipercaya daripada halaman demi halaman rekomendasi yang penuh pujian.

Membuat Profil Bisnis Google

Panduan Langkah demi Langkah untuk Membuat Profil Bisnisku di Google My Business.

  1. Masuk ke Pengelola Profil Bisnis Google,  Dimulai dengan masuk ke akun Google seperti biasa memakai gmail atau membuat akun Google baru jika diperlukan. Pengelola Profil Bisnis Google adalah pintu masuk pengguna untuk membuat dan mengelola profil bisnis di google.
  2. Tambahkan Bisnis: Tahap kedua adalah Masukkan nama bisnis dan pilih kategori yang sesuai yang sedang dikelola. Jika bisnis kalian tidak muncul dalam menu pilihan dropdown, pada tahap ini kalian dapat menambahkannya secara manual ke Google.
  3. Berikan Lokasi Bisnis: Tunjukkan apakah bisnis kalian memiliki lokasi fisik yang dapat dikunjungi oleh pelanggan. Jika iya, masukkan alamat bisnis sesuai lokasi, dan mungkin juga diminta untuk menandai lokasi pada peta untuk identifikasi lokasi yang tepat.
  4. Perkaya Profil Anda: Manfaatkan berbagai opsi kustomisasi yang tersedia untuk Anda. Tambahkan detail penting, visual menarik, dan konten yang mengundang minat untuk membuat profil komprehensif yang menarik bagi calon pelanggan.

8 Jenis Algoritma Google: Sejarah dan Pemahaman Mendalam

Kesimpulan

Jadi, kini kalian mengetahui apa itu Google My Bisnis dan Pentingnya penerapan informasi untuk Bisnis kalian di dunia internet.

Dalam lanskap pemasaran digital yang terus berkembang, Google My Business muncul sebagai alat kuat bagi bisnis di Indonesia yang ingin membangun kehadiran online yang kuat. Melalui Profil Bisnis Google yang dirancang dengan baik, bisnis dapat meningkatkan visibilitas, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan membangun kredibilitas melalui ulasan yang autentik. Saat Anda menjalani proses pembuatan dan optimalisasi profil Google My Businessku, ingatlah bahwa setiap klik dan penyesuaian membawa kalian lebih dekat pada kesuksesan online yang lebih baik. Peka terhadap kekuatan Google My Business dan manfaatkan peluang untuk mengubah perjalanan digital bisnis Anda di Indonesia.

Scroll to Top