Bikin toko online website

Cara Membuat Website Toko Online: Panduan Lengkap untuk Pemula

Sebelum meulai membahas tentang cara membuat website toko online, mari kita sedikit membandingkan denga toko offline sistem sewa kios.

Biaya sewa kios Sekitar 10 -25 Juta Pertahun, jangkauan pasar terbatas. Sedangkan web toko online sekitar 1-2jt pertahun, jangkauan pasar tidak terbatas.

Internet telah memberikan banyak peluang bagi siapa pun untuk memulai bisnis online. Membuka toko online adalah salah satu cara paling efektif untuk menjual produk dan jasa tanpa harus repot menyewa tempat fisik.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat website toko online yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam bisnis online Anda.

Keuntungan Memiliki Website Toko Online

Sebelum mengarah pada pembahasan cara membuat website toko online, Sebelumya mari kita lihat beberapa keuntungan memiliki toko online:

  1. Jangkauan Lebih Luas, Dengan memiliki toko online, Anda dapat mencapai pelanggan dari berbagai wilayah, bahkan negara yang berbeda.
  2. Buka 24/7, Toko online Anda akan buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu, memungkinkan pelanggan untuk berbelanja kapan saja.
  3. Lebih Hemat Biaya, Memiliki toko fisik memerlukan biaya sewa dan utilitas, sementara toko online memerlukan biaya operasional yang lebih rendah.
  4. Fleksibilitas, Anda dapat dengan mudah mengubah tampilan dan penawaran di toko online Anda sesuai kebutuhan dan tren terbaru.
  5. Analisis Data, Dengan alat analisis yang tepat, Anda dapat memahami perilaku pelanggan dan mengoptimalkan kinerja toko online.

Persiapan Sebelum Memulai Membuat Web Toko Online.

Sebelum mulai membuat website toko online, ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan:

  1. Menentukan Produk yang Akan Dijual, Pilih produk atau jasa yang akan dijual secara online. Pastikan untuk mengenali pasar dan calon pelanggan kalian.
  2. Riset dan Inspirasi: Lakukan riset tentang pesaing dan website toko online sejenis untuk mendapatkan inspirasi tentang desain dan strategi.
  3. Pilih Platform, kalian perlu memilih platform yang sesuai untuk membuat toko online. WordPress dengan plugin WooCommerce adalah pilihan populer untuk kebanyakan pengusaha online.
  4. Beli Nama Domain dan Web Hosting, Tentukan nama domain unik untuk online store dan beli paket web hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kalian.
  5. Persiapan Konten: Siapkan deskripsi produk, gambar, dan informasi penting lainnya yang akan ditampilkan di website toko online.

Dengan persiapan yang matang, maka kalian sudah siap untuk memulai langkah pertama dalam membuat toko online yang sukses.

Cara Membuat Web Toko Online

cara membuat website toko online

Memiliki toko online telah menjadi salah satu bagian strategi bisnis yang penting. Internet telah mempermudah segalanya, termasuk berjualan produk tanpa harus memiliki toko fisik.

Dengan cara membuat web toko online, kalian dapat menjual produk ke internet tanpa perlu repot menyewa ruko atau toko fisik.

Bahkan, kalian tidak perlu lagi menyewa jasa web developer atau desainer karena sekarang ada cara mudah untuk membuat toko online, bahkan tanpa perlu melakukan coding.

Langkah pertama sebelum membuat website toko online adalah melakukan persiapan. Kalian wajib mengetahui jenis produk yang akan dijual dan melihat peluang pasar untuk produk atau jasa tersebut.

Selanjutnya, risetlah website toko online sejenis untuk mendapatkan inspirasi dalam menentukan desain website yang menarik.

Berikut tahapan membuat website Toko Online sendiri.

1. Membeli Domain dan Web Hosting

Cara bikin web toko online

Langkah pertama dalam cara membuat website toko online adalah membeli nama domain yang sesuai bisnis dan memilih layanan web hosting terbaik.

Nama domain adalah alamat website Anda yang akan dilihat oleh pelanggan, sementara web hosting adalah tempat di mana data dan file website Anda disimpan sehingga dapat diakses melalui internet.

1.1 Memilih Nama Domain yang Tepat

Ketika memilih nama domain, pastikan nama tersebut relevan sesuai bisnis dan mudah diingat oleh calon pelanggan. Hindari nama domain yang terlalu rumit atau terlalu mirip dengan merek terkenal lainnya.

Kalian dapat menggunakan layanan registrasi domain untuk memeriksa ketersediaan nama domain yang diinginkan.

1.2 Menemukan Layanan Web Hosting Terbaik

Selanjutnya, siahkan memilih layanan web hosting terbaik dan sesuai kebutuhan online store kalian. Pastikan web hosting menyediakan fitur seperti stabilitas server, keamanan, dan dukungan teknis yang baik.

Cloud Hosting sering menjadi pilihan yang tepat karena memiliki sumber daya yang lebih terkelola dan tidak terbagi dengan pengguna lain, sehingga meningkatkan performa website kalian.

Jika memerlukan panduan lebih lanjut tentang cara membeli domain dan web hosting, kunjungi situs penyedia layanan hosting yang terpercaya untuk mendapatkan panduan lebih rinci.

2. Instalasi WordPress

Cara bikin toko online wordpress

Setelah memiliki nama domain dan web hosting, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress. WordPress adalah salah satu platform website yang paling populer dan mudah digunakan.

Banyak hosting menyediakan instalasi WordPress dengan sekali klik, yang memudahkan Anda dalam memulai.

1. Menginstal WordPress melalui cPanel dan Autoinstallers

Jika memilih hosting yang tidak memiliki WordPress terpasang sebelumnya, maka bisa menginstal WordPress dengan mudah melalui cPanel.

cPanel adalah dashboard pengelolaan hosting yang diberikan oleh sebagian besar penyedia hosting. Di cPanel, Anda akan memiliki akses ke berbagai autoinstaller yang memudahkan instalasi WordPress.

2. Menginstal WordPress secara Manual melalui FTP

Metode ini lebih kompleks dibandingkan memakai cara sebelumnya. Langkah ini perlu mengunduh versi terbaru WordPress dari situs wordpress.org, kemudian mengunggahnya ke direktori public_html (atau sejenisnya) di hosting melalui protokol FTP.

Selanjutnya, disana kalian perlu membuat Database MySQL dan User, serta mengonfigurasi berkas wp-config.php. Setelah langkah-langkah tersebut selesai,kalian bisa menjalankan proses instalasi WordPress.

Setelah proses instalasi selesai, kalian dapat masuk ke dashboard WordPress untuk mulai mengatur tampilan dan konten toko online kalian.

2. Instal Plugin Toko Online (WooCommerce)

Bikin toko online website

Sekarang saatnya mengubah website WordPress Anda menjadi toko online yang lengkap dengan menginstal plugin WooCommerce.

WooCommerce adalah plugin toko online gratis yang sangat populer dan powerful. Dengan WooCommerce, Anda dapat dengan mudah menambahkan fitur-fitur penting seperti katalog produk, keranjang belanja, proses checkout, dan pembayaran.

Setelah menginstal WooCommerce, kamu dapat melakukan pengaturan awal dan menyesuaikan fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan online store kalian.

3. Menyempurnakan Website Toko Online

Setelah berhasil menginstal WooCommerce, langkah selanjutnya adalah menyempurnakan tampilan dan desain website online store kalian. Pilih tema yang sesuai dengan gaya bisnis dan pastikan tata letaknya mudah dinavigasi oleh pengunjung.

Selain itu, juga dapat menambahkan halaman seperti “Tentang Kami,” “Kontak,” dan “Kebijakan Privasi” untuk memberikan informasi yang lebih lengkap kepada pelanggan.

Pastikan bahwa website memiliki tampilan yang profesional dan menarik untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.

Memasukkan Produk ke dalam Website

Setelah menyempurnakan tampilan website, saatnya untuk upload produk ke dalam katalog toko online. Pastikan untuk memberikan deskripsi yang menarik dan jelas untuk setiap produk yang di jual. Tambahkan juga gambar produk yang berkualitas tinggi untuk memberikan gambaran yang lebih baik kepada pelanggan.

Jika memiliki banyak produk, memanfaatkan fitur-fitur kategori dan tag di WooCommerce untuk mengorganisir produk secara lebih efisien.

Strategi Promosi dan Pemasaran

Membuat toko online hanya merupakan langkah awal dalam bisnis online kalian. Penting untuk mempersiapkan strategi pemasaran dan promosi agar toko online kalian dikenal oleh calon pelanggan.

Gunakan media sosial, email marketing, dan iklan online untuk meningkatkan visibilitas toko online Anda. Buat strategi promosi khusus untuk menarik pelanggan baru dan meningkatkan penjualan.

Jangan lupa untuk mengikuti tren dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan pelanggan untuk tetap kompetitif di pasar online.

Mengoptimalkan Website untuk Keberhasilan

Selain pemasaran, optimasi website seo juga sangat penting untuk kesuksesan toko online. Pastikan website Anda SEO-friendly dengan menggunakan kata kunci yang relevan dalam konten dan deskripsi produk.

Selain itu, pastikan web mempunyai tampilan responsif dan mudah diakses dari perangkat mobile. Banyak pelanggan saat ini melakukan pembelian melalui smartphone, jadi pastikan dapat memberikan pengalaman yang baik bagi pengguna mobile.

Pengaturan Akhir Sebelum Mengonlinekan Website

Sebelum mengonlinekan website, pastikan untuk melakukan pengujian menyeluruh. Periksa kembali setiap halaman dan fitur website untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Pastikan juga semua informasi yang ditampilkan adalah akurat dan sesuai dengan produk yang Anda jual.

Menjajal Peluncuran Toko Online

Setelah semuanya siap, saatnya untuk menjajal peluncuran toko online Anda. Tetap pantau performa website dan tanggapan pelanggan untuk mendapatkan umpan balik yang berharga. Jika ada masalah atau tantangan awal, hadapi dengan bijaksana dan lakukan perbaikan yang diperlukan.

Ingatlah bahwa bisnis online adalah proses yang terus berjalan. Tetap belajar dan terus meningkatkan untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.

Tips Sukses untuk Website Toko Online

Selain langkah-langkah di atas, berikut beberapa tips tambahan untuk memastikan kesuksesan toko online Anda:

  1. Kualitas Produk dan Layanan: Pastikan produk yang dijual memiliki kualitas yang baik, dan berikan layanan pelanggan yang ramah dan responsif.
  2. Promosi Konten: Selain mempromosikan produk, buat juga konten informatif yang dapat menarik perhatian calon pelanggan.
  3. Kerjasama dengan Influencer: Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan influencer atau penulis ulasan untuk meningkatkan visibilitas toko online.
  4. Pantau Analisis Data: Gunakan alat analisis untuk memahami perilaku pengunjung dan mencari cara untuk meningkatkan konversi.
  5. Jaga Reputasi: Tanggapi ulasan dan komentar pelanggan dengan baik, dan jaga reputasi bisnis dengan baik.

Dengan mengikuti panduan dan tips di atas, kalian membangun toko online yang sukses dan berkembang secara berkelanjutan.

Hosting Website dan Alasan Mengapa Membutuhkannya

Kesimpulan

Membuat website toko online adalah langkah penting dalam mengembangkan bisnis online. Dengan menggunakan panduan lengkap ini, siapapun bisa membuat toko online profesional, menarik, dan efektif dalam mencapai kesuksesan.

Mulailah dari persiapan yang matang, pilih platform dan plugin yang tepat, optimalkan tampilan dan konten website Anda, serta lakukan strategi pemasaran yang efektif. Ingatlah bahwa bisnis online adalah perjalanan yang menuntut belajar dan beradaptasi dengan perubahan pasar.

Itulah pembahasan lengkap tahapan cara membuat website toko online memakai wordpress. Jika merasa sulit, silahka hubungi jasa pembuatan website kami dan termasuk optimasi. Jadi, siapkan diri Anda untuk menghadapi tantangan dan raih kesuksesan dalam bisnis toko online Anda. Selamat berjualan!

Scroll to Top