Hosting website

Hosting Website dan Alasan Mengapa Membutuhkannya

Eraweb.id – Hosting website merupakan bagian penting dari keberadaan online. Baik Anda ingin membuat blog sederhana atau situs e-commerce yang kompleks, memiliki website yang terhosting dengan baik merupakan kunci kesuksesan situs .

Hosting website menjadi salah satu hal wajib disediakan. Kecuali bagi kalian yang akan memakai platform gratis sub domain seperti blogger, wordpres, dan lain seagainya.

Dan bagi kalian yang baru pertama akan membuat website, munkin kata hosting masih terdengar asing. Dan Mulai sekarang, perlu membiasakan mengenal dengan Hosting Websiite.

Pengertian Hosting Website

Baik, Kita mulai dari pengertian. Jadi sudah dijelaskan singkat terkait mengenal adanya hosting untuk kebutuhan web.

Ketika memilih cara untuk meng-hosting website , seorang web master juga perlu mempertimbangkan seberapa besar lalu lintas yang akan diterima situs, berapa banyak ruang penyimpanan yang dibutuhkan, seberapa kompleks pengaturan servernya, dan seberapa aman lingkungan hosting tersebut.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang faktor-faktor ini, lebih mudah untuk memilih infrastruktur web dan host yang tepat untuk web.

Secara sederhana web hosting adalah tempat untuk menyimpan file web agar bisa online dan diakses menggunakan domain web yang akan kalian beli. Kalian perlu menggunggah filenya di Hosting tersebut, sehingga menjadi live. Gitu..

Alasan Mengapa Anda Membutuhkan Web Hosting

Hosting website

Untuk membuat website dapat diakses secara online, seseorang perlu memindahkan file-file website yang tersimpan secara lokal ke server web.

Inilah mengapa penyedia layanan web hosting menjadi penting. Sebuah perusahaan web hosting menyediakan server untuk menjaga file-file website kalian, Pengguna jasa (Anda) perlu membayar biaya bulanan atau tahunan agar file web bisa terus eksis di internet.

Biasanya, perusahaan hosting juga menangani masalah yang terjadi di sisi server, sehingga pengguna dengan sedikit atau tanpa pengalaman teknis tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan server.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan lain dari menggunakan layanan web hosting:

  • Efektif biaya. Pengguna Hosting hanya perlu membayar harga tetap dari paket hosting, sementara perusahaan hosting menangani pemeliharaan.
  • Berorientasi pada performa. Perusahaan hosting umumnya menyertakan fitur dan alat tambahan untuk memastikan performa website optimal. Misalnya, Hostinger menawarkan beberapa pusat data dengan integrasi CDN untuk mengurangi latensi.
  • Mudah digunakan. Panel kontrol membuat konfigurasi situs dan akun hosting menjadi sederhana.
  • Dukungan sepanjang waktu. Sebagian besar penyedia hosting web memiliki tim dukungan pelanggan. Misalnya, tim Customer Success Hostinger siap membantu Anda 24/7 melalui live chat.
  • Dapat diskalakan. Jika paket hosting saat ini tidak lagi dapat mengikuti pertumbuhan website, maka kalian dapat meng-upgrade atau beralih ke jenis hosting lainnya.
  • Efisien waktu. Penyedia hosting yang dipilih akan menangani aspek teknis hosting, pemeliharaan server, dan pemantauan keamanan. Oleh karena itu, kalian akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada website.

Langkah-langkah Hosting Website

Saya kira kalian sudah memahami fungsi hosting dan peranannya untuk website. Garis besaranya, saat anda sudah membuat web di lokal server komputer, maka jika menginginkan web tersebut live online maka harus membeli hosting dan domain.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat untuk meng-hosting website Anda:

1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama dalam membangun website adalah menentukan apakah kalian membutuhkan website statis atau dinamis.

Website statis menyajikan konten yang sama kepada semua pengunjung. Di sisi lain, website dinamis menyesuaikan kontennya berdasarkan beberapa faktor, seperti lokasi geografis dan perilaku pengguna.

Website statis cocok untuk membuat blog pribadi, resume online, atau situs portofolio. Jenis website ini membutuhkan lebih sedikit sumber daya server, sehingga pemilik website dapat memulai dari paket hosting yang lebih dasar dan mengupgrade seiring pertumbuhan website.

Sementara itu, website dinamis cocok untuk toko e-commerce, situs keanggotaan, layanan streaming, dan aplikasi web. Jenis website ini membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dan fitur yang luas, sehingga Anda akan membutuhkan paket hosting dengan sumber daya server yang lebih banyak.

Setelah memilih enis website yang ingin dibangun, lebih mudah untuk memperkirakan sumber daya yang dibutuhkan untuk website tersebut agar dapat berperforma optimal.

Dari situ, kalian dapat mengkerucut pilihan layanan web hosting yang sesuai kebutuhan.

Sebagian besar penyedia web hosting menawarkan berbagai paket hosting untuk website statis dan dinamis.

2. Pilih Penyedia Web Hosting

Tahap selanjutnya adalah memilih penyedia web hosting yang tepat. Terdapat banyak penyedia web hosting di internet, jadi penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor saat memilihnya. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  • Performa yang andal: Pastikan penyedia web hosting memiliki reputasi yang baik dalam hal kecepatan dan ketersediaan server.
  • Keamanan: Periksa langkah-langkah keamanan yang diterapkan oleh penyedia web hosting untuk melindungi website kamu dari ancaman keamanan.
  • Fitur yang komprehensif: Tinjau fitur yang disediakan oleh penyedia web hosting, seperti ruang penyimpanan, bandwidth, dukungan database, dan bahasa pemrograman yang didukung.
  • Pengalaman pengguna: Cari tahu pendapat pengguna lain tentang penyedia web hosting yang ingin Anda pilih. Periksa ulasan dan testimoni untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik.
  • Nilai terbaik untuk uang kalian: Pertimbangkan harga paket hosting dan bandingkan dengan fitur yang ditawarkan untuk mendapatkan nilai terbaik sesuai anggaran .
  • Dukungan pelanggan 24/7: Pastikan penyedia web hosting menyediakan dukungan pelanggan yang responsif dan tersedia 24/7 untuk membantu jika menghadapi masalah teknis.
  • Skalabilitas web host: Pertimbangkan apakah penyedia web hosting dapat mengakomodasi pertumbuhan website di masa depan.

3. Pilih Paket Web Hosting

Setelah memilih penyedia web hosting yang sesuai, langkah berikutnya adalah memilih paket web hosting yang tepat. Periksa jenis paket yang ditawarkan oleh penyedia, seperti shared hosting, VPS hosting, atau dedicated hosting, dan pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan web.

Pastikan juga untuk mempertimbangkan jumlah ruang penyimpanan, bandwidth, dan fitur tambahan lainnya yang diperlukan untuk situs anda.

4. Dapatkan dan Daftarkan Nama Domain

Selanjutnya, kalian perlu mendapatkan dan mendaftarkan nama domain yang unik untuk website pengganti akses ip dari hosting tersebut.

Nama domain adalah alamat website yang orang ketik di browser untuk mengunjungi situs Anda. Misalnya, “eraweb.id”. Anda dapat membeli nama domain dari registrar domain terpercaya.

Banyak sekali jenis ekstensi domain yang bisa dipilih, mulai dari .com,.net,.id, dan lain sebagainya.

5. Unggah File Website Ke Hostin

Setelah memiliki paket hosting dan nama domain, langkah terakhir adalah membuat atau mengunggah website Kalian. Jika memiliki pengalaman dalam pembuatan website, maka dapat membuatnya sendiri menggunakan HTML, CSS, atau bahasa pemrograman lainnya. Jika tidak, sebagai alternatifnya bisa menggunakan platform website builder yang disediakan oleh penyedia hosting.

6 Manfaat Website bagi Perusahaan Kecil dan Menengah 

Jangan Bingung tetang Hosting Website

Berikut adalah beberapa hal yang terkadang orang bingung dan menjadi pertanyaan umum seputar hosting website:

  1. Berapa biaya untuk meng-hosting website? Biaya hosting website bervariasi tergantung pada penyedia dan paket yang Anda pilih. Ada berbagai pilihan yang sesuai dengan berbagai anggaran.
  2. Apakah saya bisa meng-hosting website sendiri? Meng-hosting website sendiri membutuhkan pengetahuan teknis yang mendalam dan sumber daya yang memadai. Untuk sebagian besar orang, lebih mudah dan efisien untuk menggunakan layanan web hosting yang disediakan oleh penyedia yang terpercaya.
  3. Apa cara terbaik untuk meng-hosting website? Cara terbaik untuk meng-hosting website tergantung pada kebutuhan dan preferensi kalian. Jika Anda memiliki keterampilan teknis, maka dapat memilih hosting yang dikelola sendiri atau VPS hosting. Jika tidak memiliki keterampilan teknis, menggunakan penyedia web hosting yang menyediakan platform website builder mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.
  4. Apakah saya bisa mendapatkan hosting dan nama domain dari dua penyedia yang berbeda? Ya, pengguna jasa Hosting bisa mendapatkan hosting dan nama domain dari penyedia yang berbeda. Namun, jika Anda menggunakan penyedia yang sama, akan lebih mudah untuk mengelola dan mengintegrasikan keduanya.

9 Pentingnya Website untuk Promosi Bisnis

Kesimpulan

Meng-hosting website bukanlah tugas yang rumit jika mengikuti langkah-langkah yang tepat. Tentukan jenis website yang di inginkan, pilih penyedia web hosting yang handal, pilih paket hosting yang sesuaikebutuhan , kemudian daftarkan nama domain, dan buat atau unggah website. Selesai.

Pastikan juga untuk mempertimbangkan tips dalam memilih penyedia web hosting yang tepat. Dengan begitu, Anda akan memiliki website yang berjalan dengan baik dan memberikan pengalaman yang baik kepada pengunjung.

Pertanyaan Umum Tambahan

Q: Apakah saya bisa meng-hosting website secara gratis? A: Ya, ada beberapa penyedia hosting yang menawarkan paket hosting gratis. Namun, biasanya paket gratis memiliki keterbatasan dan iklan yang ditampilkan pada website Anda.

Q: Apakah saya dapat memindahkan website saya ke penyedia hosting lain? A: Ya, Anda dapat memindahkan website Anda ke penyedia hosting lain jika Anda merasa bahwa layanan yang diberikan tidak memenuhi harapan Anda atau jika Anda ingin mencoba penyedia yang berbeda.

Q: Apa yang harus dilakukan jika website saya mengalami masalah atau tidak dapat diakses? A: Jika website Anda mengalami masalah, sebaiknya hubungi dukungan pelanggan penyedia web hosting Anda. Mereka akan membantu Anda memecahkan masalah dan memulihkan akses ke website Anda.

Q: Apakah saya bisa memiliki lebih dari satu website di satu paket hosting? A: Ya, beberapa penyedia web hosting memungkinkan Anda untuk meng-hosting beberapa website dalam satu paket hosting. Namun, periksa batasan dan persyaratan dari penyedia hosting Anda.

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meng-hosting website saya? A: Proses meng-hosting website biasanya cukup cepat. Setelah Anda memilih paket hosting dan mendaftarkan nama domain, Anda dapat membuat dan mengunggah website Anda dalam waktu singkat.

Scroll to Top