Jenis ekstensi domain

Jenis Ekstensi Domain Website dan peruntukanya.

Ereweb – Dalam dunia yang semakin terhubung melalui internet, memiliki sebuah situs web menjadi sangat penting untuk berbagai keperluan, mulai dari bisnis hingga individu.

Saat ini masih banyak orang yang hanya mengenal Jenis ekstensi domain web Berupa .com saja, faktanya banyak jenis lainnya yang bisa dipakai ketika membuat web profesional mereka.

Saat membuat sebuah situs web, salah satu keputusan penting yang perlu diambil adalah memilih jenis ekstensi atau format yang akan digunakan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa jenis estensi website yang umum digunakan, serta kegunaan dan keunggulan masing-masing.

Pengertian Estensi Domain Website

Jenis ekstensi domain

Estensi website adalah bagian dari alamat web setelah nama domain. Mereka menunjukkan jenis atau kategori dari situs web tersebut. Misalnya, jika nama domain adalah www.contoh.com, maka “.com” adalah estensi website.

Dalam hal ini seorang bisa secara bebas membeli jenis ekstensi domain websitenya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tetapi perlu diingat, mungkin ada beberapa pertimbangan yang perlu dilakukan ketika akan menggunakan sebuah ekstensi domain situs.

Dengan artikel ini, kalian akan lebih memahami mana yang cocok dan tepat digunakan sebagai ekstensi domain.

1. Estensi .com

Estensi .com adalah salah satu yang paling populer disemua negara mengunakannya serta diterapkan sebagai ekstensi berbagai nice kebuthan situs.

.com Sendiri merupakan kependekan dari “komersial” dan umumnya dapat diartikan situs akan digunakan untuk tujuan bisnis.

Tetapi faktanya juga Estensi ini cocok untuk hampir semua jenis situs web dan sering dipilih karena kemudahan penggunaannya dan tingkat pengakuan yang tinggi.

2. Estensi .net

Jenis ekstensi domain website yang kedua adalah .net, Merupakan singkatan dari “network” dan umumnya digunakan oleh penyedia layanan internet dan organisasi yang terkait dengan jaringan komputer.

Meskipun awalnya dirancang untuk tujuan ini, estensi .net juga dapat digunakan untuk berbagai jenis situs web yang tidak terpaut hanya untuk layanan internet saja.

Tentu saja kalian sudah tidak asing melihat hasil pencarian yang dimenangkan oleh situs memakai ekstensi ini. Jadi, Buat kalian yang akan membuat web bisa mempertimbangkan memakai .net. Secara umum harga ekstensi.net terbilang lebih mahal dibandingkan .com

3. Estensi .org

Tidak kalah populernya eksistensi ekstensi .org , yakni berasal dari kata “organisasi” dan awalnya diperuntukkan bagi organisasi nirlaba. Namun, seiring berjalannya waktu, estensi ini juga digunakan oleh berbagai jenis situs web, termasuk bisnis dan individu.

Silahkan saja sih, kalian bisa mencoba membelinya di layanan penyedia domain dan hosting terpercaya dan memulai membuat website.

5. Estensi .edu

Selain itu juga ada jenis Estensi .edu sebagai akhiran domain digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi, seperti universitas dan perguruan tinggi.

Penggunaan Estensi ini memberikan kesan kepercayaan dan kredibilitas bagi situs web yang terkait dengan pendidikan sehingga sesorang akan mengenali lebih spesifik secara umum dari isinya.

Ekstensi domain ini juga dipergunakan diberbagai negara, jadi bukan hanya indonesia saja.

6. Estensi .gov

Estensi .gov diperuntukkan bagi situs web pemerintah yang umumnya tidak bisa dibeli secara umum oleh perorangan. Situs web dengan estensi ini biasanya menyediakan informasi dan layanan publik yang berkaitan dengan pemerintahan.

Penggunaannya juga skala internasional, sehingga berbagai negara umumnya akan membuat website pemerintahannya memakai akiran ekstensi ini. Nah, .gov sendiri juga umumnya akan diakhiri dengan identitas negara, misalnya gov.id artinya berasal dari Indonesia.

7. Estensi .id

Estensi .id adalah estensi khusus untuk Indonesia. Banyak situs web di Indonesia menggunakan estensi ini untuk memperlihatkan identitas lokal mereka.

Sehingga memiliki keuntungan tersendiri untuk menjangkau dan mengoptimasi SEO Lokal terutama indonesia. Harganya juga lebih mahal dari .com dan sama kerennya.

8. Estensi .co.id

Estensi .co.idadalah estensi yang umum digunakan oleh perusahaan atau bisnis yang beroperasi di Indonesia. Estensi ini mengindikasikan bahwa situs web tersebut adalah entitas bisnis.

Kepanjangan dari Comercial indonesia, jadi sudah kebayang dong secara fungsi dan peruntukannya. Untuk memperoleh Domain memakai Ekstensi ini umumnya diberlakukan beberapa persyaratan oleh pihak penyedia domain, misalnya mengunggah bukti pendirian perusahaan dan lain sebagainya.

9. Estensi .ac.id

Sama dengan edu ,namun perbedaaanya umumnya pada Estensi .ac.id digunakan oleh lembaga pendidikan tinggi di Indonesia, sedangkan estensi .edu di tingkat internasional. Situs web dengan estensi ini biasanya milik universitas atau institusi pendidikan lainnya.

10. Estensi .sch.id

Estensi .sch.id digunakan oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Situs web dengan estensi ini biasanya milik sekolah dasar, menengah, atau menengah atas.

Jadi untuk perorangan biasanya akan kesulitan mendapatkan ektensi ini karena pihak penyedia pastinya berusaha melakukan penjagaan ekosistem dan menghindari penyalahgunaan.

11. Estensi .biz

Estensi .biz singkatan dari “bisnis” dan sering digunakan oleh situs web yang berfokus pada bisnis dan layanan komersial. Estensi ini memberikan kesan profesional dan serius.

Harganya juga terbilang mahal, sehingga untuk para blogger memang ekstensi ini terbilang jarang digunakan.

12. Estensi .info

Estensi .info adalah estensi yang cocok untuk situs web yang memberikan informasi atau berita. Estensi ini sering digunakan oleh situs web yang menyediakan pengetahuan atau sumber daya informatif.

Cocok untuk kalian yang akan membangun situs berbasis informasi berita, atau hal hal yang bersifat baru dan jarang diketahui sehingga lebih unik.

13. Estensi .me

Estensi .me sering digunakan untuk situs web pribadi atau blog. Estensi ini memberikan kesan personal dan terhubung langsung dengan individu.

14. Estensi .io

Estensi .io sering digunakan oleh perusahaan teknologi atau startup. Estensi ini juga populer dalam dunia pengembangan perangkat lunak dan aplikasi.

15. Estensi .store

Estensi .store sering digunakan oleh situs web e-commerce atau toko online. Estensi ini cocok untuk bisnis yang menjual produk atau layanan secara online.

Sebenarnya masih banyak sekali jenis ekstensi situs yang bisa kalian temukan, namun penjelasan diatas seharusnya sudah mewakili apa yang akan menjadi pilihan kalian ketika akan membangun sebuah situs.

Cara Membuat Website di Google Sites

Kesimpulan

Pemilihan estensi website yang tepat merupakan langkah penting dalam membuat situs web. Setiap estensi memiliki kegunaan dan keunggulan tersendiri tergantung pada jenis web yang akan dibuat. Mulai dari estensi umum seperti .com hingga estensi yang spesifik seperti .edu atau .id, setiap pilihan harus didasarkan pada tujuan dan konteks situs web yang diinginkan.

Menggunakan estensi yang sesuai dapat membantu meningkatkan pengenalan merek, kredibilitas, dan tujuan dari situs web. Pastikan untuk mempertimbangkan karakteristik dan target audiens ketika memilih estensi yang tepat untuk Website Anda.

FAQs (Frequently Asked Questions)

  1. Apakah saya bisa mengganti estensi situs web saya di kemudian hari? Ya, Kalian dapat mengganti estensi situs web Anda di kemudian hari dengan beberapa persyaratan tertentu. Namun, perubahan estensi dapat berdampak pada SEO dan pemahaman pengguna tentang situs web Anda.
  2. Apakah saya bisa menggunakan lebih dari satu estensi untuk situs web saya? Secara teknis, alian tidak bisa menggunakan lebih dari satu estensi untuk satu situs web secara bersamaan. Namun, kalian bisa membeli beberapa nama domain dengan estensi yang berbeda dan mengarahkannya ke situs web utama Anda.
  3. Apa estensi yang direkomendasikan untuk situs web bisnis? Estensi .com adalah yang paling umum dan direkomendasikan untuk situs web bisnis. Ini memberikan kesan profesional dan familiar bagi pengguna.
  4. Apakah estensi mempengaruhi peringkat SEO situs web? Secara langsung, estensi tidak memiliki pengaruh langsung terhadap peringkat SEO situs web. Namun, pemilihan estensi yang relevan dan konsisten sesuai konten situs web dapat membantu pengguna mengidentifikasi dan mengingat web lebih baik.
  5. Apakah estensi .com lebih baik daripada estensi lainnya? Tidak ada estensi yang secara intrinsik lebih baik dari yang lain. Estensi .com hanya lebih umum digunakan dan dikenal secara luas. Namun, pilihan estensi harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan situs web Anda.

Itulah pembahasan lengkap tentang jenis ekstensi domain website dan penjelasan secara umum sesuai peruntukannya.


Lanjut mempelajari optimasi Web? Panduan SEO


 

Scroll to Top