Cara Menulis Deskripsi yang SEO

Cara Menulis Deskripsi yang SEO Friendly untuk Website

Cara Menulis Deskripsi yang SEO, Konten berkualitas sudah dibuat, lengkap dengan konten visual yang bisa membantu pembaca memahami informasi yang mereka dapatkan.

Tapi, SEO tidak hanya bergantung pada kontenn yang berkualitas saja. Ada beberapa elemen seperti meta description yang perlu dipersiapkan setelah selesai membuat artikel yang berkualitas.

Meta description memiliki fungsi untuk mendeskripsikan isi disuguhkan kepada calon pembaca. Sehingga calon pembaca akan tertarik untuk membuka konten yang Anda tawarkan. Jadi, bagaimana cara menulis meta description yang SEO friendly?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kalian sudah berada di artikel yang tepat, melalui artikel ini kami akan menjelaskan cara menulis meta description yang SEO Friendly, namun sebelum itu kita pelajari dulu apa itu meta description dan contohnya. Jadi jangan sampai skip setiap pembahasan di artikel ini ya!

Cara Menulis Deskripsi SEO untuk Artikel Web?

Deskripsi penjelasan singkat dari halaman web yang berkaitan sesuai isi dari halaman tersebut. Meta description digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan deskripsi dari halaman web dalam hasil pencarian mereka. Deskripsi ini harus menjelaskan dengan jelas isi dari halaman tersebut dan harus menarik untuk diklik oleh pengguna, biasanya memiliki panjang sekitar 155 karakter.

Ingat, selain membuat Judul artikel SEO, kalian juga wajib memerankan deskripsi karena ini adalah bagian dari Kalimat yang melakukan pertempuran pertama sebagai penentu pembaca akan datang ke situs anda atau tidak.

Selain berguna untuk mendeskripsikan konten yang di suguhkan kepada calon pembaca, meta description merupakan salah satu elemen penting dalam melakukan optimasi SEO On Page.

Setelah mengetahui apa itu meta description dan pentingnya membuat meta description, langkah selanjutnya adalah bagaimana membuat meta description yang SEO Friendly? Karena ternyata dalam membuat meta description tidak asal-asalan. Anda perlu memperhatikan beberapa cara menulis meta description di bawah ini:

Cara Kerja Google Merangking Keyword

1. Gunakan Bahasa Persuasif

Membuat meta description yang persuasif, bisa Anda lakukan dengan beberapa teknik bahasa yang efektif seperti menggunakan kalimat yang mengajak, misalnya “Temukan solusi terbaik” atau “Dapatkan hasil terbaik”.

Selain itu juga bisa menggunakan kata yang menyentuh emosi, sehingga calon pembaca merasa tertarik dan ingin tahu lebih lanjut tentang konten kalin.

Mengundang rasa penasaran memang bagus, namun sekali lagi pastikan kalian tetap menulis deskripsi yang seo sesaui isi dari artikel. Bukan Asal Click Bait ya.. Karena percuma saja kalau pengunjung datang sebetar lalu pergi lagi karena isi artikel tidak sesuai dengan deskripsinya.

Hal itu akan membuat Bounce rate situs membengkak dan menjadi signal bahwa situs tersebut buruk.

2. Menjelaskan Manfaat

Calon pembaca akan lebih tertarik untuk membuka halaman Anda jika mereka tahu manfaat yang mereka dapatkan dari konten tersebut.

Jadi, pastikan Anda menyebutkan manfaat secara jelas dan singkat di meta description. Misalnya, “Pelajari cara meningkatkan traffic website Anda dengan tips SEO ini”.

Jangan salah kaprah! Menjelaskan manfaat yang dimaksud adalah bukan berarti terlalu mendetail sehingga menjadi panjang dan melebihi dari jumlah kata yang dianjurkan.

3. Tulis Meta Description di Bawah 155 Karakter

Penasaran berapa sih jumlah karakter yang dianjurkan? Ya, Jika pada penggunan pluggin biasanya kalian akan memperoleh parameter yang dianjurkan ketika menulis deskripsi yang SEO.

Jadi, Mesin pencari biasanya hanya menampilkan sekitar 155 karakter dari meta description di hasil pencarian. Oleh karena itu, pastikan meta description Anda singkat dan padat agar dapat ditampilkan secara utuh dan menarik perhatian calon pembaca.

4. Manfaatkan CTA (Call to Action)

CTA (Call to Action) adalah ajakan kepada calon pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya “Baca lebih lanjut di sini” atau “Cek informasi selengkapnya”. Dengan menambahkan CTA di meta description, Anda dapat mendorong calon pembaca untuk mengklik halaman Anda.

5. Mengandung Keyword Utama

Penting untuk menyertakan kata kunci (keyword) yang relevan dengan konten halaman Anda di meta description. Hal ini akan membantu mesin pencari memahami topik utama dari konten Anda dan meningkatkan kesempatan halaman Anda muncul dalam hasil pencarian yang relevan.

6. Gunakan Bantuan Plugin

Jika kalian memiliki website menggunakan platform WordPress, ,maka dapat memanfaatkan plugin Yoast SEO atau Rank Math untuk membantu menulis meta description yang SEO friendly. Plugin ini akan memberikan panduan dan rekomendasi untuk meningkatkan optimasi SEO pada konten halaman.

Cara penggunannya sederhana, kalian cukup menuliskan beberapa kata yang sudah terpikir dan mencantumkan kata kunci. Maka Plugin akan mendeteksi, apakah sudah cukup atau justru terlalu banyak..

7. Tidak Melalkukan Spam Keyword

Karena terlalu ambisi menginginkan konten yang sudah dibuat bisa merangking, sehingga melakukan spam keyword pada saat membuat deskripsi artikel.

Tentu saja ini tidak baik, Pihak google tidak menganjurkan hal itu dilakukan. Alih-alih seo friendly, justru sebaliknya artikel yang sudah kalian buat tidak mampu bersaing di penelusuran.

Bagaimana Google Menganjurkan menulis deskripsi yang seo, berikut penjelsannya https://developers.google.com/search/docs/appearance/snippet?hl=id

Contoh Meta Description untuk Bahan Inspirasi Anda!

  1. Tesla: “Temukan inovasi mobil listrik terbaru dari Tesla. Nikmati performa tinggi dan lingkungan yang bersih dengan mobil ramah lingkungan kami.”
  2. Lonely Planet: “Jelajahi destinasi impian Anda dengan panduan perjalanan terlengkap dari Lonely Planet. Temukan petualangan baru dan pengalaman tak terlupakan.”
  3. LinkedIn: “Bangun jaringan profesional Anda dan temukan peluang karir terbaik di LinkedIn. Bergabunglah dengan jutaan profesional di seluruh dunia.”

Jadi, itulah beberapa cara menulis meta description yang SEO friendly untuk website kalian agar bisa bersaing dan meningkatkan SEO. Ingatlah bahwa meta description adalah kesempatan pertama kalian untuk menarik perhatian calon pembaca dan meningkatkan kunjungan ke halaman.

Dengan mengoptimalkan meta description dengan baik, maka dapat meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian dan meningkatkan visibilitas konten secara keseluruhan. Segera terapkan tips-tips di atas dan lihatlah perubahan positif pada trafik website Anda!


FAQ

1. Apakah meta description perlu unik untuk setiap halaman? Ya, sebaiknya Anda membuat meta description yang unik untuk setiap halaman. Hal ini akan membantu mesin pencari untuk memahami perbedaan konten di setiap halaman dan memberikan informasi yang relevan kepada calon pembaca.

2. Berapa panjang ideal untuk meta description? Panjang ideal untuk meta description adalah sekitar 155 karakter. Pastikan meta description Anda singkat, padat, dan menggambarkan isi halaman dengan jelas.

3. Apakah saya bisa menggunakan meta description dari sumber lain? Tidak disarankan untuk mengambil meta description dari sumber lain secara langsung. Lebih baik Anda membuat meta description yang unik dan sesuai dengan konten halaman Anda sendiri.

4. Apa itu CTA (Call to Action) dalam meta description? CTA (Call to Action) adalah ajakan kepada calon pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, misalnya “Baca lebih lanjut di sini” atau “Cek informasi selengkapnya”. CTA dapat meningkatkan tingkat interaksi dan klik dari hasil pencarian.

5. Bagaimana cara mengukur efektivitas meta description saya? Kalian dapat menggunakan alat analisis SEO Google atau platform lain  untuk melacak kinerja meta description, termasuk jumlah tampilan, klik, dan konversi yang dihasilkan dari setiap meta description. Ini akan membantu memahami apakah meta description kalian efektif atau perlu ditingkatkan.

Scroll to Top