Apa itu web sever

Apa Itu Web Server dan Cara Kerjanya

Apa Itu Web Server ? Saat Kamu browsing di internet, menggunakan aplikasi media sosial, atau membuka situs web favoritmu, mungkin Kamu tidak terlalu memikirkan apa yang terjadi di balik layar.

Namun, setiap kali kalian melakukan hal-hal tersebut, ada satu komponen yang sangat penting dan berperan besar dalam menyajikan konten tersebut kepada Kamu: web server. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi secara mendalam apa itu web server, fungsi-fungsi utamanya, dan bagaimana sebenarnya cara kerjanya.

Apa Itu Web Server?

Web server adalah sebuah perangkat lunak atau bahkan bisa berupa perangkat keras yang bertugas menyediakan layanan berbasis data dan menerima permintaan dari HTTP (Hypertext Transfer Protocol) atau HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Secara sederhana, web server berperan dalam mengirimkan halaman web kepada pengguna yang memintanya melalui peramban web (browser).

Web server merupakan fondasi dari segala sesuatu yang kita lakukan secara online.

Jadi Begini…

Setiap kali kita mengakses sebuah situs web, mengirim email, atau bahkan melakukan transaksi perbankan online, interaksi kita dibangun di atas kerangka kerja yang disediakan oleh web server.

Mari kita gunakan analogi paling sederhana deh..

Dalam konteksnya yang paling dasar, web server mirip seperti pelayan dalam sebuah restoran. Ketika kita datang ke restoran, kita memberikan pesanan kita kepada pelayan, dan pelayan tersebut bertugas untuk mengambil pesanan tersebut ke dapur, menyiapkannya, dan membawanya kembali kepada kita.

Dalam hal ini, web server berperan sebagai pelayan yang menerima permintaan (request) dari peramban web pengguna, mengambil halaman web yang diminta, dan mengirimkannya kembali kepada pengguna.

Selain itu, web server juga bertanggung jawab untuk menjaga keamanan dan integritas data. Ini berarti web server harus mampu menangani lalu lintas internet yang tinggi dan melindungi situs web dari serangan cyber yang berpotensi merusak.

Dengan demikian, web server bukan hanya sekedar alat teknis yang melayani permintaan data, tetapi juga merupakan fondasi utama dari pengalaman internet yang kita nikmati setiap hari.

Fungsi Web Server

fungsi Web server

Sudah mengetahui apa itu web server. So, Mari lanjutkan mengenal fungsinya.

Web server memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting dalam memastikan pengalaman internet yang lancar dan aman bagi pengguna. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari web server:

1. Menyimpan dan Mengelola Konten Web

Salah satu fungsi utama dari web server adalah menyimpan dan mengelola berbagai jenis konten web, termasuk halaman web, gambar, video, dan file lainnya. Web server menyimpan semua informasi yang dibutuhkan untuk menampilkan situs web kepada pengguna.

2. Menerima Permintaan Pengguna

Ketika pengguna mengakses sebuah situs web, peramban web pengguna mengirimkan permintaan (request) ke web server untuk mengambil halaman web yang diminta. Web server bertugas untuk menerima permintaan ini dan menanggapi dengan mengirimkan halaman web yang diminta kepada pengguna.

3. Menyediakan Layanan Berbasis Data

Web server juga dapat menyediakan layanan berbasis data, seperti menyimpan informasi pengguna, mengelola database, dan memproses formulir online. Hal ini memungkinkan situs web untuk menyajikan konten dinamis kepada pengguna, seperti halaman yang dipersonalisasi atau hasil pencarian.

4. Menangani Koneksi

Web server bertanggung jawab untuk menangani koneksi dari berbagai perangkat pengguna yang terhubung ke situs web. Ini termasuk menanggapi permintaan dari perangkat mobile, desktop, dan perangkat lainnya dengan cepat dan efisien.

5. Keamanan

Web server memiliki peran penting dalam menjaga keamanan situs web. Ini mencakup mengenkripsi data yang dikirimkan antara server dan peramban web pengguna menggunakan protokol HTTPS, serta melindungi situs web dari serangan cyber seperti serangan DDoS (Distributed Denial of Service) atau serangan malware.

6. Mengelola Akses

Web server juga dapat mengelola akses pengguna ke berbagai bagian dari situs web, termasuk mengatur hak akses pengguna, menerapkan otentikasi pengguna, dan membatasi akses ke konten tertentu.

Dengan fungsi-fungsi utamanya yang kompleks dan penting, web server menjadi tulang punggung dari infrastruktur internet modern, memastikan bahwa pengguna dapat mengakses dan berinteraksi dengan berbagai layanan online dengan mudah dan aman.

Jasa web Murah nih, Punya web tanpa Repot

Cara Kerja Web Server

Cara Kerja web server

Pada dasarnya, web server bekerja dengan cara menerima permintaan dari peramban web pengguna, memproses permintaan tersebut, dan mengirimkan kembali halaman web yang diminta kepada pengguna. Berikut adalah langkah-langkah detail tentang cara kerja web server:

1.  Permintaan dari Klien

Langkah pertama dalam proses ini dimulai ketika pengguna web memasukkan URL (Uniform Resource Locator) ke dalam peramban mereka dan menekan enter. Permintaan ini kemudian dikirimkan ke server oleh peramban pengguna dalam bentuk permintaan HTTP.

2.  DNS Lookup

Setelah menerima permintaan dari peramban, server harus menentukan alamat IP dari domain yang diminta. Proses ini disebut DNS (Domain Name System) Lookup. Server akan mencari alamat IP yang sesuai dengan nama domain yang diminta oleh pengguna.

3. Penerimaan Permintaan oleh Web Server

Setelah mendapatkan alamat IP domain, web server menerima permintaan dari peramban web pengguna. Permintaan ini berisi informasi tentang halaman atau berkas yang diminta oleh pengguna.

4. Pengolahan Permintaan

Ke Tahap mengolah permintaan Pengguna. Jadi setelah menerima Permintaan , Selanjutnya web server akan memprosesnya.

Proses ini melibatkan pengambilan halaman web atau berkas yang diminta dari penyimpanan server dan menyiapkannya untuk dikirimkan kembali kepada pengguna. Jika halaman web bersifat dinamis, maka web server akan melakukan pemrosesan tambahan, seperti mengambil data dari basis data atau menghasilkan konten secara langsung.

5.Pengiriman Kembali Respon

Terakhir, web server mengirimkan kembali halaman web atau berkas yang diminta kepada peramban web pengguna. Proses ini memungkinkan pengguna untuk melihat halaman web atau mengakses berkas yang mereka minta.

Dalam proses ini, web server berfungsi sebagai perantara antara pengguna dan situs web, mengatur aliran informasi dari dan ke pengguna dengan cara yang efisien dan aman. Dengan cara ini, web server memainkan peran krusial dalam memastikan pengalaman pengguna yang baik saat menjelajahi dunia internet.

Menulis Artikel SEO dalam Bahasa Indonesia

Penutup

Sudah paham dong.. Apa Itu Web server, cara krjanya serta fungsi pentingnya.

Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa web server merupakan komponen kunci dalam infrastruktur internet . Berkatnya, hal ini memungkinkan kita bisa mengakses berbagai konten online dengan mudah memakai Mesin telusur.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang apa itu web server dan bagaimana cara kerjanya, kita dapat menghargai betapa kompleksnya proses di balik layar setiap kali kita browsing di internet.

Scroll to Top